ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI PROGRAM PEMASARAN MASTERTECH FORMULA TAHUN 2020)

RAMADHAN, DONI YANUAR and Duryatmo, Sardi and Valdiani, Dini (2021) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (STUDI PROGRAM PEMASARAN MASTERTECH FORMULA TAHUN 2020). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 08-30-2022 13.24.pdf

Download (872kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam program pemasaran Mastertech Formula melalui bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dengan cara melakukan wawancara mendalam kepada pihak-pihak PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk yang memiliki informasi mengenai strategi komunikasi pemasaran program pemasaran Mastertech Formula dalam meningkatkan penjualan. Penelitian dilaksanakan di PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk program pemasaran Mastertech Formula yang diterapkan melalui bauran komunikasi pemasaran yaitu periklanan yang disampaikan melalui iklan televisi, iklan dalam televisi program sponsorship, iklan radio, kereta rel listrik branding, reklame, iklan webseries, spanduk, tanda toko, wobbler, truk bulk branding, dan truk mixer branding. Pemasaran interaktif melalui media sosial, website serta microsite dan optimisasi mesin pencari. Penjualan personal dengan menawarkan pemesanan produk yang dilakukan oleh tenaga penjual dengan melakukan kunjungan ke toko bangunan. Kegiatan hubungan masyarakat dengan menyelenggarakan pertemuan retail, liga dangdut konser goyang tiga roda, mastertalk, sekolah semen tiga roda (SETARA), dan toko care. Pemasaran langsung dengan memasarkan secara langsung produk semen curah siap pakai ke pelanggan proyek dan pabrik batching yang dilakukan oleh tim penjual Indocement. Promosi penjualan dalam bentuk pemberian bonus dan Mitra Semen Tiga Roda program hadiah poin. Kegiatan bauran komunikasi pemasaran dilakukan secara maksimal oleh perusahaan agar dapat meningkatkan penjualan Kata Kunci: Bauran komunikasi pemasaran, Program Pemasaran Mastertech Formula, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Strategi komunikasi pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Manajemen Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:15
Last Modified: 30 Aug 2022 07:15
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3248

Actions (login required)

View Item View Item