STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENERAPAN APLIKASI MOBILE JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN BPJS KESEHATAN KOTA BOGOR

SAPUTRA, MEDIRA and Muslim, Muslim and Rusfien, Ismail Taufik (2020) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENERAPAN APLIKASI MOBILE JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN BPJS KESEHATAN KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 08-30-2022 13.30.pdf

Download (921kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dalam penerapan aplikasi mobile jaminan kesehatan nasional (JKN) dalam meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan BPJS Kesehatan Kota Bogor, (2) untuk mengetahui hambatan strategi komunikasi dalam penerapan aplikasi mobile jaminan kesehatan nasional (JKN) dalam meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan BPJS Kesehatan Kota Bogor Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati Peneliti memiliki tiga informan kunci yaitu Marina Mahardini, Andri dan Ajat Zakaria yaitu sebagai karyawan BPJS Kesehatan Kota Bogor Sedangkan untuk informan yaitu peserta BPJS Kesehatan Kota Bogor yang merupakan pengguna aplikasi mobile JKN. Dalam memperoleh data digunakan metode wawancara yang mendalam dan bertahap serta observasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber. Sedangkan untuk teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan BPJS Kesehatan Kota Bogor telah melakukan strategi komunikasi secara efektif Dalam strategi yang dilakukan BPJS Kesehatan Kota Bogor untuk meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan dalam penerapan aplikasi mobile JKN strategi komunikasi dengan menggunakan analisis SWOT dan membaurkan definisi Nasution (2014) mengenai dimensi kualitas pelayanan Selain itu peneliti menjabarkan hambatan strategi komunikasi dalam penerapan aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam meningkatkan kualitas perusahaan yang dihadapi perusahaan BPJS Kesehatan Kota Bogor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Manajemen Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:30
Last Modified: 30 Aug 2022 09:30
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3261

Actions (login required)

View Item View Item