Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Daging Sapi Acong Meats Pasar Bogor. Skripsi Prodi Manajemen konstentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Dan Bisinis Universitas

RAMADHANTY, MUTIA PUTRI and Hartini, Sri and Farradia, Yuary (2022) Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Daging Sapi Acong Meats Pasar Bogor. Skripsi Prodi Manajemen konstentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Dan Bisinis Universitas. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2022 MUTIA PUTRI RAMADHANTY 021116290.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUTIA PUTRI RAMADHANTY. 021116290. Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Daging Sapi Acong Meats Pasar Bogor. Skripsi Prodi Manajemen konstentrasi Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Dan Bisinis Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan : Hj. Sri Hartini dan Yuary Farradia. 2022. Dengan banyak bermunculannya perusahaan dan baru berskala kecil maupun besar, membuat kondisi ini akan membuat persaingan dalam memperebutkan pangsa pasar dan konsumen. Persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap orang untuk melaksanakan kegiatan pemasaran dengan efektif dan efesien. Dengan meningkatnya tren produksi daging sapi dan menurunnya pesaing seharusnya dapat dimanfaatkan oleh pihak perusahaan karena peluangnya terbuka lebar. Tetapi nyatanya penurunan penjualan produk daging sapi pada Acong Meats terjadi pada tahun 2018 – 2020. Maksud dan tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang menjadi kekuatan (Strength), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) pada Acong Meats dan mengetahui penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Acong Meats dalam meningkatkan penjualan. Lokasi penelitian yaitu Acong Meats yang beralamatkan di Lantai Dasar Blok F Pasar Bogor Baru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deksriptif (eksploratif) kualitatif berupa studi kasus mengenai analisis strategi pemasaran pada Acong Meats Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan pengumpulan data sekunder dari berbagai literatur. Alat analisis yang dipakai adalah Matriks EFE, Matriks IFE dan Matriks IE. Hasil analisis strategi pemasaran Acong Meats dapat diperoleh Berdasarkan hasil matriks EFE diperoleh bahwa faktor strategis yang merupakan peluang terbesar bagi Acong Meats yaitu tempat yang strategis dan hubungan baik dengan konsumen sehingga perusahaan harus memperketat dalam pemilihan produk dan meningkatkan lagi pelayanan agar hubungan baik dengan konsumen tetap terjaga dengan skor 0,3880. Sedangkan faktor yang menjadi ancaman utama adalah berkurangnya daya konsumsi masyarakat dengan skor bobot 0,4323. Berdasarkan matriks IFE kekuatan yang harus dipertahankan adalah produk yang beragam dengan skor bobot 0,5822, sedangkan kelemahannya adalah promosi yang dilakukan belum maksimal dengan skor bobot 0,1306. Berdasarkan matriks IE posisi perusahaan Acong Meats berada pada kuadran 2 yaitu Growth and Build. Ini artinya kondisi Acong Meats tumbuh dan berkembang. Dengan kondisi seperti ini perusahaan dapat menerapkan strategi intensif atau integratif. Strategi intensif dan strategi integratif yaitu strategi yang memerlukan usaha intensif untuk meningkatkan posisi daya saing dan daya tarik produk dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:31
Last Modified: 30 Aug 2022 09:31
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item