PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Citra Indah Sukamaju Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Mirnawati, Mia and Sukmanasa, Elly and Wijaya, Ade (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Citra Indah Sukamaju Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mia Mirnawati. 037117167. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Manusia dan Benda Di Lingkungannya”. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen kuasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Citra Indah Sukamaju. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Citra Indah Sukamaju Kabupaten Bogor yang terdiri dari 70 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh:Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap hasil belajar subtema manusia dan benda di lingkungannya”. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok eksperimen sebesar 83, sedangkan kelompok kelas control mendapatkan nilai N-Gain sebesar 60. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 94% sedangkan pada kelompok kelas control sebesar 37%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung, thitung (6,05) > t tabel (1,9954). Dengan ini dapat disimpulkan penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Manusia Dan Benda Di Lingkungannya”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci : Hasil Belajar, Discovery Learning, Konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:35
Last Modified: 19 Sep 2022 02:55
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3323

Actions (login required)

View Item View Item