ADHISTY, DEVY FEBRIAN and ANDRIA, FREDI and SALMAH, SALMAH (2022) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Hotel Bahtera Pelni Resort And Convention Cipayung Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
done 2022Devy Febrian Adhisty (fix) (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
DEVY FEBRIAN ADHISTY 021117232. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Hotel Bahtera Pelni Resort And Convention Cipayung Kabupaten Bogor. Di bawah bimbingan : FREDI ANDRIA dan SALMAH .2022 Perkembangan suatu bisnis di Indonesia merupakan salah satu fenomena yang sangat menarik untuk dibahas, utamanya mengenai bisnis industri pariwisata khususnya perhotelan. Pesatnya pertumbuhan bisnis hotel mengakibatkan tingkat persaingan hotel sangat tinggi, sehingga industri perhotelan akan semakin memperkuat strateginya dalam memasarkan hotelnya agar dapat unggul dan dapat bersaing dengan hotel-hotel lainnya. Melihat kondisi saat ini para kompetitor Hotel Bahtera yang semakin banyak dapat menjadi suatu ancaman. Hotel Bahtera yang lokasinya tepat berada di daerah pariwisata, harus lebih meningkatkan kekuatan dalam daya saingnya dan menerapkan atau mempersiapkan strategi pemasaran yang lebih unggul dari para pesaingnya. Akibat adanya pandemi Covid-19 yang belum usai sampai saat ini, menyebabkan Hotel Bahtera mengalami kerugian besar seperti menurunnya tingkat pendapatan (total revenue) dan occupancy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention, menganalisis tingkat persaingan di Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention dan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran yang bisa diterapkan dalam meningkatkan daya saing di Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention. Penelitian ini dilakukan di Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention Cipayung Kabupaten Bogor. Sampel yang digunakan peneliti ini sebanyak 4 orang, sampel dipilih dengan metode judgement sampling. Metode penelitian ini yaitu penelitian deskriptif eksploratif. Metode pengelolahan data yang digunakan adalah IFE, EFE, IE dan SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada matriks IFE adalah 3,337 dan EFE 3,407 sehingga jika dipetakan pada matriks IE menunjukan posisi Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention berada pada kuadran I (Grow and Build) dengan saran menggunakan strategi intensif yaitu penetrasi pasar, pengembangan produk, dan pengembangan pasar. Strategi penetrasi pasar menjadi strategi yang diprioritaskan untuk Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention. Maka dari itu strategi yang dapat dilakukan oleh Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention untuk meningkatkan pemasaran Hotel Bahtera tertuang dalam matriks SWOT yaitu strategi SO, WO dan ST yaitu, Hotel Bahtera harus dapat mengembangkan dan meningkatkan promosi yang gencar juga lebih menarik, baik secara online seperti instagram dan youtube dengan memperlihatkan pula fasilitas-fasilitas yang tersedia di Hotel Bahtera Pelni Resort and Convention, selain itu melakukan promosi secara offline seperti menggunakan baliho atau brosur sebagai alat promosi. Kata Kunci: Strategi pemasaran, IFE, EFE, IE, dan SWOT
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen sumber daya manusia Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 09:36 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 09:36 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3339 |
Actions (login required)
View Item |