Jayanti, Risti Dwi and Muharram, Hari and Salmah, Salmah (2022) Hubungan Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2022 Risti Dwi Jayanti 021117155.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Risti Dwi Jayanti. 021117155. Hubungan Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor). Di bawah bimbingan: Hari Muharram dan Salmah. 2022. Perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini tumbuh semakin cepat, kemajuan teknologi yang semakin cepat ini tentunya membuat banyak perubahan terhadap sebuah negara tidak terkecuali di Indonesia. Dengan kemunculan e-commerce sebagai media transaksi baru tentunya sangat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Perkembangan e-commerce ditandai dengan munculnya marketplace. Di Indonesia, ada banyak jenis marketplace antara lain Shopee, Tokopedia, Buka Lapak, dan lain sebagainya. Salah satu marketplace yang popular di Indonesia saat ini adalah Tokopedia. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus dan survei. Penulis menggunakan Teknik penelitian kuantitatif karena penelitian yang dilakukan berhubungan dengan alat statistic untuk mengolah hasil kuesioner. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan Teknik purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan software SPSS 25.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kepercayaan mempunyai hubungan yang signifikan terhadap keputusan pembelian yang mempunyai nilai signifikan < 0,005. Promosi (X1) dengan variabel keputusan pembelian (Y) Berdasarkan hitungan yang ada di SPSS maka diperoleh korelasi sebesar 0.285 yang berarti rendah. Dan sementara mengindikasikan pola hubungan antara variabel promosi dengan keputusan pembelian adalah searah (Semakin tinggi variabel produk maka semakin tinggi pula variabel keputusan pembelian). Perolehan nilai signifikansi = 0,04 < 0,05 yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah segnifikan. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel kepercayaan (X2) dengan variabel keputusan pembelian (Y) yang berdasarkan dengan hitungan SPSS di atas maka diperoleh korelasi sebesar 0.685 yang berarti kuat. Dan sementara mengindikasikan pola hubungan antara variabel kepercayaan dengan keputusan pembelian adalah searah (Semakin tinggi variabel kepercayaan maka semakin tinggi pula variabel keputusan pembelian). Perolehan nilai signifikansi = 0,00 < 0,05 yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah segnifikan. Kata kunci: Promosi, Kepercayaan, dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 09:37 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 09:37 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3345 |
Actions (login required)
View Item |