Putri, Dewi Arthini and Jaenudin, Jaenudin and Farradia, Yuary (2019) Analisis Pengendalian Kualitas Dalam Upaya Menurunkan Jumlah Kerusakan Produk Pada PT. Doosan Jaya Sukabumi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
SKRIPSI DEWI ARTHINI PUTRI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dewi Arthini Putri. 021115012. Analisis Pengendalian Kualitas Dalam Upaya Menurunkan Jumlah Kerusakan Produk Pada PT. Doosan Jaya Sukabumi. Pembimbing : JAENUDIN dan YUARY FARRADIA. Tahun 2019. Dunia usaha di Indonesia mulai menampakkan kemajuan yang cukup pesat. Salah satu cara agar bisa bertahan di dalam kompetisi tersebut adalah dengan menjaga kualitas produk. perusahaan harus memiliki pengendalian kualitas yang baik/optimal agar barang yang dihasilkanpun memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan pesaing. Adapun penyimpangan produksi akan menimbulkan kerugian besar, Kerugian yang dimaksud ialah produk rusak/cacat, produk rusak akan menimbulkan biaya tambahan, menghambat kelancaran produksi dan lain yang merugikan perusahaan. Tidak terkecuali pada PT. Doosan Jaya Sukabumi yang masih saja terdapat produk yang cacat/rusak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerusakan produk serta menganalisis bagaimana pengendalian kualitas dalam upaya menurunkan jumlah kerusakan produk pada PT. Doosan Jaya Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah desktiptif eksploratif dengan metode penelitian studi kasus yang menggunakan data primer dan data sekunder dengan metode analisis Statistical Quality Control (SQC). Berdasarkan hasil dari penelitian ini dengan peta kendali p-chart didapatkan hasil 6 bulan di luar batas kendali atau di luar batas kewajaran pada produk blus (blose) dan terdapat 8 bulan di luar batas kendali atau di luar batas kewajaran pada produk gaun (dress), artinya pengendalian kualitas pada PT. Doosan Jaya Sukabumi masih dikatakan belum baik/optimal. Kemudian dengan menggunakan diagram pareto didapatkan hasil bahwa kerusakan terbanyak yaitu sobek pada produk blus (blose) dan gaun (dress) dan diagram sebab akibat ditemukan penyebab utama terjadinya produk rusak yaitu faktor bahan baku/material, faktor metode, faktor manusia dan faktor terakhir yaitu faktor mesin/peralatan. Hal ini memerlukan tindakan lebih lanjut dari perusahaan untuk meminimumkan atau menurunkan jumlah produk rusak. Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, Kerusakan Produk, Peta Kendali p-chart, Diagram Pareto, Diagram Sebab-akibat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 09:38 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 09:38 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3374 |
Actions (login required)
View Item |