Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Marketplace Lazada).

Nafian, Ilham Hafid and Hayati, Yetty Husnul and Oktora, Kiki (2020) Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Marketplace Lazada). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi_Ilham Hafid N.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ILHAM HAFID NAFIAN, NPM : 021116005. Manejemen Pemasaran. Pengaruh Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Marketplace Lazada). Dibimbing oleh Ibu YETTY HUSNUL HAYATI dan Ibu KIKI OKTORA. Tahun 2020. Perkembangan internet dari tahun ke tahun semakin tinggi, internet merupakan hal yang menjadi salah satu pola hidup masyarakat Indonesia. Semakin mudah mendapatkan akses internet maka masyarakat akan semakin mudah mengakses online shop dan melakukan aktifitas belanja kapan dan dimana saja. Hal itu menimbulkan bermunculannya toko online, sehingga toko online saling bersaing untuk mendapatkan hati konsumen, sepanjang tahun 2017 hingga kuatral I-2018 Lazada memenangi persaingan tersebut dan manjadi market leader, namun pada kuartal II-2018 posisi Lazada mengalami penurunan menjadi posisi 3 tergeser oleh Tokopedia dan Bukalapak, dan pada kuartal III-2018 Lazada kembali mengalami penurunan menjadi posisi 4 tergeser oleh Shopee, hal tersebut diakibatkan karena Lazada mengalami penurunan ketertarikan konsumen untuk membeli dan mengunjungi situs Lazada.co.id. Hingga saat ini Lazada belum bisa menaikkan posisinya kembali dan tetap berada di peringkat 4 dalam tingkat persaingan e-commerce di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sales promotion terhadap keputusan pembelian pada marketplace Lazada. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah descriptive ekploratif dengan sampel dipilih menggunakan pendekatan purposive sampling, dengan total responden sebanyak 100 orang, data diuji dengan menggunakan program SPSS versi 23 dengan mengunakan uji hipotesis. Hasil penelitian diketahuti terdapat pengaruh antara variabel sales promotion (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hasil dari output koefisien determinasi (R Square) diperoleh nilai sebesar 0,416, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (sales promotion) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) adalah sebesar 41,6%. Berdasarkan hasil uji F diketahui nilai F hitung 8,087 > F tabel 2,032 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Maka model regresi ini dapat dipakai untuk variabel sales promotion. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa indikator sales promotion yaitu coupons, free premium gifts, contest and sweepstakes, refund/rebates, bonus pack, price-off deals, loyalty programs, event marketing secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kata kunci : Sales Promotion, Keputusan Pembelian, Manajemen Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:39
Last Modified: 30 Aug 2022 09:39
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3398

Actions (login required)

View Item View Item