ANALISIS STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN STABILITAS RATING PADA PROGRAM CAHAYA HATI INDONESIA DI INEWS TV

KINANA, KINANA and AMINAH, RATIH SITI and KUSUMANINGTIAS, INTAN TRI (2019) ANALISIS STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN STABILITAS RATING PADA PROGRAM CAHAYA HATI INDONESIA DI INEWS TV. Skripsi thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA.

[img] Text
CamScanner 08-30-2022 11.07 (2).pdf

Download (4MB)

Abstract

Laju perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di era globalisasi sekarang ini sangatlah berpengaruh terhadap aspek-aspek kehidupan masyarakat baik berbangsa dan beragama, informasi merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan manusia. Program dakwah Cahaya Hati Indonesia yang ada di iNews Tv merupakan salah satu program dakwah yang memberikan motivasi, pencerahan dan pendidikan agama yang disampaikan ulama dan ustadz yang Berkompeten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan apa saja Strategi yang digunakan tim Kreatif Produser program Cahaya Hati Indonesia dalam Mempertahankan stabilitas rating program nya. Bagaimana cara kreatif produser mempertahankan stabilitas program dengan memperbarui treatment dan selalu melakukan evaluasi dari setiap episode. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif Kualitatif, Kualitatif adalah untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, Tindakan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian kualitatif lebih menekankan proses dan makna. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara mereduksi data yang diperoleh, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan di Gedung News Centre yang merupakan kantor pusat dari tim Cahaya Hati Indonesia. Key Informan dari penelitian ini adalah Degi Jenifer selaku Produser program Cahaya Hati Indonesia. Serta Informan sebagai data penguat dalam penelitian ini yaitu Elsi Cahyani selaku tim kreatif program Cahaya Hati Indonesia. Sedangkan tringulan, Saad Y. Sulaiman selaku produser program Mamah&Aa Beraksi Indosiar. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat kesesuaian antara teori dan praktik dalam mempertahankan stablitas rating program dengan menggunakan 13 elemen strategi kreatif yaitu Target Penonton, Bahasa Naskah, Format Acara, Punching Line, Gimmick and Funfare, Clip Hanger, Tune and Bumper, Penataan Artistik, Music and Fashion, Ritme dan Birama Acara, Logo dan musik Track ID Tune, General Rehearsal, Interactive Program menurut Naratama yang diterapkan oleh tim kreatif dan produser program Cahaya Hati Indonesia untuk mendapatkan kestabilan rating yang diperoleh setiap episode.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Penyiaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:54
Last Modified: 30 Aug 2022 09:54
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3444

Actions (login required)

View Item View Item