Pengaruh Brand Community Terhadap Brand Loyalty Motor Scooter Matic Vespa Piaggio (Studi Kasus pada Komunitas Modern Vespa Bogor).

Perdana, Regga Putra . and Zaini, Oktori Kiswati and Salmah, Salmah (2019) Pengaruh Brand Community Terhadap Brand Loyalty Motor Scooter Matic Vespa Piaggio (Studi Kasus pada Komunitas Modern Vespa Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi_Pengaruh_Brand_Community_Terhadap_Brand_Loyalty_Motor_Scooter_matic_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Regga Putra Perdana. 021115393. Pengaruh Brand Community Terhadap Brand Loyalty Motor Scooter Matic Vespa Piaggio (Studi Kasus pada Komunitas Modern Vespa Bogor). Pembimbing: Oktori Kiswati Zaini dan Salmah. 2019. Fenomena persaingan yang ada dalam era globalisasi akan semakin mengarahkan sistem perekonomian Indonesia ke mekanisme pasar yang memposisikan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut market share. Salah satu aset yang dimiliki perusahaan untuk merebut pangsa pasar adalah merek produk. Untuk mendapatkan loyalitas merek dari konsumen diperlukan strategi yang lebih sulit dibandingkan menciptakan kepuasan konsumen. Adanya keunggulan produk dibanding produk pesaing mutlak dibutuhkan karena dapat menjadi daya tarik pertama dan utama bagi konsumen. Tumbuhnya berbagai komunitas pelanggan saat ini berpengaruh terhadap strategi pengembangan sebuah merek. Komunitas merek adalah strategi kampanye merek yang melibatkan komunitas dalam pemasarannya. Brand loyalty (loyalitas merek) dapat tercipta dengan adanya brand community yang baik. Komunitas merek dibentuk denggan tujuan mengikat loyalitas pelanggan melalui rasa kepemilikan merek. Sepeda motor Vespa Piaggio memiliki komunitas tersendiri yang banyak tersebar di Indonesia, salah satunya yaitu komunitas Modern Vespa Bogor. Komunitas Modern Vespa Bogor merupakan perkumpulan pemakai Vespa Piaggio yang didirikan pada tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand community terhadap brand loyalty pada komunitas Modern Vespa Bogor. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif yang dikuantitatifkan, dengan sumber data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah anggota komunitas Modern Vespa Bogor, dengan sampel penelitian berjumlah 65 responden. Metode penarikan sampel dipilih menggunakan non–probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey. Data diuji menggunakan SPSS versi 23 menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis secara parsial dan simultan. Hasil analisis regresi linear berganda mengungkapkan bahwa pengujian secara parsial indikator loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita merek, integrasi dan mempertahankan anggota memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, sedangkan indikator legitimasi dan membantu dalam penggunaan merek tidak memberikan pengaruh terhadap brand loyalty. Secara simultan menunjukan bahwa keenam indikator independen mampu menjelaskan pengaruhnya secara bersama-sama terhadap variabel dependen yaitu sebesar 89%. Kata kunci: Brand Community, Brand Loyalty

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:56
Last Modified: 30 Aug 2022 09:56
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3457

Actions (login required)

View Item View Item