Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Loket Pendaftaran Pada Puskesmas Bogor Utara

Sofiyan, Agus and Rully, Tutus and Jaenudin, Jaenudin (2019) Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Loket Pendaftaran Pada Puskesmas Bogor Utara. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI AGUS SOFIYAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Agus Sofiyan 021115015, Manajemen S1, Manajemen Operasi “Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Loket Pendaftaran Pada Puskesmas Bogor Utara” di bawah bimbingan Tutus Rully dan Jaenudin. 2019. Fasilitas Pemerintah yang bergerak di bidang jasa tidak terlepas dari kegiatan pelayanan. dalam kegiatan pelayanan, hal yang tidak dapat dihindari adalah menunggu. Ketika pelanggan ingin mendapatkan pelayanan yang mengharuskan untuk menunggu, tanpa disadari mereka sedang mengantri. Antrian adalah suatu garis tunggu dari satu atau lebih pelanggan yang menunggu untuk dilayani oleh satu atau lebih layanan dimana adanya perbedaan antara jumlah permintaan terhadap fasilitas pelayanan dan kemampuan fasilitas untuk melayani. Seperti yang terjadi di Puskesmas Bogor Utara, sering terjadi antrian yang panjang pada loket pendaftaraan. Pasien dilayani lebih dari waktu standar yang ditentukan oleh Puskesmas Bogor Utara. Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan jumlah loket yang tepat agar bisa mengefektifkan pelayanan pasien pada Puskesmas Bogor Utara. Metode yang digunakan adalah metode multi channel single phase yang dapat digunakan untuk mengetahui jumlah loket yang tepat agar bisa meminimumkan waktu antrian di Puskesmas Bogor Utara, dengan menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat alternative yaitu jika dipertimbangkan dari waktu rata-rata menunggu adalah dengan menambah menjadi 5 loket pendaftaran untuk mencapai standar waktu pelayanan yang ditentukan sebesar 5 menit. Saran diharapkan Puskesmas Bogor Utara dapat mengevaluasi lagi waktu standar yang ditentukan karena pasien yang datang adalah masyarakat kurang sehat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan cepat. Kata Kunci: Sistem Antrian, Efektivitas Pelayanan, Multi Channel Single Phase

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:27
Last Modified: 31 Aug 2022 02:27
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item View Item