Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Kuliner Toge Goreng Ibu Hj. Omah Kota Bogor

Hidayatullah, Atjep Syarif and Ginting, Bukti and Hayati, Yetty Husnul (2019) Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Kuliner Toge Goreng Ibu Hj. Omah Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi FIx (27).pdf

Download (3MB)

Abstract

Atjep Syarif Hidayatullah, npm 021114461. Hubungan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Kuliner Toge Goreng Ibu Hj. Omah Kota Bogor, Ketua Pembimbing Bukti Ginting dan Komisi Pembimbing Yetti Husnul H, 2019. Setiap organisasi memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu mengembangkan dan meningkatkan perusahaan dari pesaing, untuk itu dibutuhkan kualitas produk yang baik dan dapat memenuhi kepuasan konsumen, salah satunya dengan cara mengevaluasi dan menganalilis seberapa kuat kualitas produk yang dihasilkan dan menguji apakah kualitas produknya sudah siap bersaing dengan perusahaan lain dan apakah kualitas produknya sudah memuaskan konsumen atau belum. Kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup perusahaan, dengan puasnya konsumen terhadap suatu produk maka diharapkan akan menciptakan peluang untuk menjadi pelanggan yang loyal. Upaya meningkatkan kualitas produk harus terus dilakukan agar memberikan kepuasan terhadap konsumen karena terdapat sebuah hubungan yang erat antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kualitas produk Toge Goreng Ibu Hj Omah (2) Untuk mengetahui bagaimana kepuasan konsumen Toge Goreng Ibu Hj Omah (3) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada bisnis kuliner Toge Goreng Ibu Hj. Omah Kota Bogor yang beralamat Jalan Jend. Sudirman no. 23 A, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan pada kedai Toge Goreng Ibu Hj. Omah pada periode 2018- 2019 sebagai sampel, kemudian penelitian mengenai hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen ini menggunakan data primer dan data sekunder, metode yang digunakan kuesioner, wawacara dan observasi kepada konsumen sebagai responden sebanyak 100 orang, sampel dipilih dengan menggunakan rumus slovin non probabilitas dengan dengan teknik insidental sempling dimana hanya orang yang secara kebetulan ditemui untuk dijadikan sampel. Data diuji dengan SPSS versi 23 dengan berbagai rangkaian metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis rank spearman, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil analisis deskriptif maka dapat diketahui bahwa tanggapan responden variabel kualitas produk memiliki rata-rata sebesar 72,2 %, dimana rata-rata tersebut berada pada interpal (60% -79%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk pada Toge Goreng Ibu Hj Omah baik, kemudian hasil analisis tanggapan responden variabel kepuasan konsumen memiliki rata-rata sebesar 79,2%, dimana rata-rata tersebut berada pada interpal (60% -79%) sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen puas terhadap Toge Goreng Ibu Hj Omah, selanjutnya analisis rank spearmen yang telah diuji dengan menggunakan SPSS versi 23 dapat diperoleh nilai sebesar r = 0,667 artinya hubungan kualitas produk dengan kepuasan konsumen pada bisnis kuliner Toge Goreng Ibu Hj. Omah Kota Bogor memilki hubungan yang kuat, dengan koefisien determinasi sebesar 44,48% yang menunjukan besarnya kontribusi variabel kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Diperoleh hasil uji hipotesis koefisien korelas yaitu zhitung ≥ ztabel dengan nilai 6,73 ≥ 1,96 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian terhadap hubungan positif antara kualitas produk (X) dengan kepuasan konsumen (Y). Kata Kunci : Kualitas Poduk, Kepuasan Konsumen, hubungan antara keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:35
Last Modified: 31 Aug 2022 02:35
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3572

Actions (login required)

View Item View Item