Hubungan Kualitas Produk Dengan Tingkat Kepuasan Pelanggan Cat Kiloan Pada Nazar Paint Di Cikereteg Bogor

Iqbal, Muhamad and Hartini, Sri and Yudha, Aditya Prima (2019) Hubungan Kualitas Produk Dengan Tingkat Kepuasan Pelanggan Cat Kiloan Pada Nazar Paint Di Cikereteg Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
sKRIPSI fiX PRINT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhamad Iqbal. NPM 021114261. Hubungan Kualitas Produk Dengan Tingkat Kepuasan Pelanggan Cat Kiloan Pada Nazar Paint Di Cikereteg Bogor., Ketua Pembimbing Sri Hartini dan Komisi Pembimbing Aditya Prima Yudha, 2019. Setiap organisasi memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu mengembangkan dan meningkatkan perusahaan dari pesaing, untuk itu dibutuhkan kualitas produk yang baik dan dapat memenuhi kepuasan pelanggan, salah satunya dengan cara mengevaluasi dan menganalilis seberapa kuat kualitas produk yang dihasilkan dan menguji apakah kualitas produknya sudah siap bersaing dengan perusahaan lain dan apakah kualitas produknya sudah memuaskan pelanggan atau belum. Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup perusahaan, dengan puasnya pelanggan terhadap suatu produk maka diharapkan akan menciptakan peluang untuk menjadi pelanggan yang loyal. Upaya meningkatkan kualitas produk harus terus dilakukan agar memberikan kepuasan terhadap pelanggan karena terdapat sebuah hubungan yang erat antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana kualitas produk pada Cat Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg Bogor (2) Untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan Cat Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg Bogor (3) Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan pada Cat Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian statistic inferensial. Penelitian ini dilakukan pada Cat Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg Bogor pada periode 2018-2019 sebagai sampel, kemudian penelitian mengenai hubungan kualitas produk dengan kepuasan pelanggan ini menggunakan data primer dan data sekunder, metode yang digunakan kuesioner, wawacara dan observasi kepada pelanggan sebagai responden sebanyak 270 orang, sampel dipilih dengan menggunakan rumus slovin non probabilitas dengan dengan teknik insidental sempling dimana hanya orang yang secara kebetulan ditemui untuk dijadikan sampel. Data diuji dengan SPSS versi 23 dengan berbagai rangkaian metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis rank spearman, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil analisis deskriptif maka dapat diketahui bahwa tanggapan responden variabel kualitas produk memiliki rata-rata sebesar 51,4 %, dimana rata-rata tersebut berada pada interpal (40% - 59%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk pada Cat Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg Bogor netral, kemudian hasil analisis tanggapan responden variabel kepuasan pelanggan memiliki rata-rata sebesar 50,1%, dimana rata-rata tersebut berada pada interpal (40% - 59%) sehingga dapat disimpulkan bahwa pelanggan netral terhadap Cat Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg Bogor, selanjutnya analisis product moment yang telah diuji dengan menggunakan SPSS versi 23 dapat diperoleh nilai sebesar r = 0,775 artinya hubungan kualitas produk dengan kepuasan pelanggan pada usaha Cat Kiloan Nazar Paint Di Cikereteg Bogor memilki hubungan yang kuat, dengan koefisien determinasi sebesar 77,55% yang menunjukan besarnya kontribusi variabel kualitas produk dengan kepuasan pelanggan. Diperoleh hasil uji hipotesis koefisien korelas yaitu zhitung ≥ ztabel dengan nilai 20,108 ≥ 2,5942 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian terhadap hubungan positif antara kualitas produk (X) dengan kepuasan pelanggan (Y). Kata Kunci : Kualitas Poduk, Kepuasan Pelanggan, hubungan antara keduanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:53
Last Modified: 31 Aug 2022 02:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3591

Actions (login required)

View Item View Item