Analisis pemilihan produk tabungan Wadi’ah Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Cibinong

Septiana, Herdian and Zaini, Oktori Kiswati and Irawan, Arie Wibowo (2019) Analisis pemilihan produk tabungan Wadi’ah Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Cibinong. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi FIx Herdian.pdf

Download (2MB)

Abstract

Herdian Septiana, 021115150, Program Studi Manajemen, Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Analisis pemilihan produk tabungan Wadi’ah Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Cibinong), Dibimbing oleh Ibu Oktori Kiswati Zaini, dan Bapak Arie Wibowo Irawan, 2019. Perkembangan Perbankan syariah di Indonesia setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dari berbagai segment baik dari pertumbuhan Asset, Laba dan Jumlah Nasabah, hal ini dikarenakan bank syariah memiliki keberagaman produk dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen untuk memilih lembaga perbankan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Khususnya pada produk tabungan, Bank Syariah Mandiri memiliki 2 produk unggulan yang dapat ditawarkan kepada nasabah yaitu Tabungan Mudharabah dan Tabungan Wadiah. Adapun data yang diperolah pada saat penelitian, bahwa nasabah Bank Syariah Mandiri lebih cenderung memilih tabungan mudharabah di bandingkan Tabungan Wadiah setiap tahunnya, maka dari itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap tabungan wadiah yang perkembangan setiap tahunnya tidak signifikan seperti tabungan mudharabah. Penelitian ini termasuk kategori penelitian Kuantitatif dengan menganalisis faktor faktor pemilih produk tabungan wadi’ah oleh nasabah di Bank Syariah Mandiri. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Cibinong. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode Insidental Sampling. Adapun Obyek penelitian dalam skripsi ini meneliti faktor faktor yang mempengaruhi nasabah (X) dalam memilih tabungan wadi’ah dengan indikator Religiusitas, pengetahuan, dan poduk. Serta keputusan nasabah dalam memilih tabungan Wadi’ah di Bank Syariah Mandiri. Data dalam Penelitian ini menggunakan data primer yang diproleh dari penelitian langsung dari unit analisis yang di teliti yaitu nasabah yang datang ke perbankkan syariah mandiri cabang cibinong, sedangkan data sekunder di peroleh dari laporan penelitan terdahulu, buku-buku, internet, jurnal, dan data yang didapat dari perbankan syariah mandiri cabang cibinong. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis faktor - faktor penentu keputusan nasabah memilih produk tabungan wadiah di Bank Syariah Mandiri Cabang Cibinong, yaiut (1) Faktor Religius memiliki tanggapan 69,70%, (2) Faktor Pengetahuan memiliki tanggapan 72,22% (3) Faktor Produk memiliki tanggapan 70,21%. Dari ke tiga faktor yang sudah di jelaskan faktor pengetahuan memiliki pengaruh yang sangat besar dibandingkan dengan faktor lainnya. Sehingga diharapkan dengan mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia, sehingga tabungan wadiah dapat tumbuh seperti tabungan mudharabah setiap tahunnya. Kata Kunci: Perbankan Syariah, Produk, Tabungan Mudharabah, Tabungan Wadiah, Faktor Religius, Faktor Pengetahuan, Faktor Produk, Pemilihan, Bank Syariah Madiri Cabang Cibinong

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:23
Last Modified: 31 Aug 2022 04:23
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3699

Actions (login required)

View Item View Item