Rahma, Anisa Nurul and SATRIANI, IMANI and PUSPANIDRA, TIARA (2020) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN E-COMMERCE DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
CamScanner 08-31-2022 11.37.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
E-commerce merupakan konsep baru yang bisa digunakan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada Word Wide Web internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis seberapa besar pengaruh electronic word of mouth terhadap proses keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce di Indonesia. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu electronic word of mouth dan satu variabel terikat yaitu proses keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Jakarta yang pernah menggunakan 5 top e commerce di Indonesia (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis non parametik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara electronic word of mouth terhadap proses keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce di Indonesia sebesar 56 persen, sedangkan sisanya 44 persen lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 04:44 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 04:44 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3723 |
Actions (login required)
View Item |