PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN DI MARKETPLACE INDONESIA

HASIBUAN, ADE LINA and JAYAWINANGUN, RONI and SIREGAR, MARIANA R.A (2020) PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN DI MARKETPLACE INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PAKUAN.

[img] Text
CamScanner 08-31-2022 11.42.pdf

Download (1MB)

Abstract

ADE LINA HASIBUAN. 044116104. Pengaruh Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Di Marketplace Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Roni Jayawinangun dan Mariana Siregar. Pesatnya perkembangan teknologi berbasis internet di bidang pemasaran, menyebabkan banyaknya bermunculan perusahaan e-commerce di Indonesia. Dengan adanya internet konsumen diharapkan dapat membentuk perilaku pembelian secara rasional, tetapi faktanya tidak semua konsumen melakukan pembelian secara rasionel, ini disebut dengan impulse buying. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini antara lain mengetahui karakteristik konsumen pada marketplace di Indonesia, menganalisis pengaruh karakteristik (usia, pendidikan, dan pendapatan) konsumen terhadap impulse buying dan menganalisis pengaruh sales promotion terhadap impulse buying pada marketplace di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei kepada 100 orang pengguna marketplce Indonesia. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1. Pengguna marketplace di Indonesia mayoritas berjenis kelamin perempuan dengan usia 20-24 tahun. Pendidikan terakhir didominasi Sekolah Menengah Atas (SMA), mayoritas bekerja sebagai pegawai swasta. Pendapatan atau uang saku dalam satu bulan sebesar Rp 1.000.000- Rp. 4.000.000, marketplace yang paling sering digunakan untuk berbelanja adalah Shopee dengan intensitas belanja 6-8 kali dalam 3 bulan dan produk yang biasa dibeli di marketplace berupa fashion. 2. Karakteristik pengguna marketplace berdasarkan usia, pendidikan dan pendapatan tidak berpengaruh yang nyata terhadap impulse buying. 3.Terdapat pengaruh nyata sales promotion terhadap impulse buying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:53
Last Modified: 31 Aug 2022 04:53
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item View Item