Hubungan Word of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi

Tahir, Bunga Yunita and Zaini, Oktori Kiswati and Andria, Fredi (2019) Hubungan Word of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi bunga yunita 021115572.pdf

Download (2MB)

Abstract

BUNGA YUNITA TAHIR. 021115572. Hubungan Word of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di bawah bimbingan Oktori Kiswati Zaini dan Fredi Andria. 2019 Komunikasi adalah suatu hal yang tidak dapat dihindarkan manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan yang dilakukan seseorang kepada orang lain, dengan tujuan memberitahu, mengubah sikap atau perilaku orang tersebut. Kemajuan teknologi yang semakin canggih dengan adanya smartphone, memudahkan setiap orang dalam melakukan komunikasi. Tidak hanya itu , adanya smarphone juga menunjang aspek kehidupan lainnya seperti membuat dokumen, mengambil gambar, memutar lagu dan lain-lain. Berdasarkan laporan We Are Social dalam Global Digital Report tahun 2019 dengan jumlah penduduk 265.4 juta, pengguna smartphone mencapai 177 juta orang, yang artinya hampir lebih dari separuh penduduk di Indonesia telah menggunakan smartphone. Menurut data dalam tabel 1.1 47% populasi penduduk Indonesia diantaranya menggunakan aplikasi pesan instan, atau melakukan komunikasi secara tidak langsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui word of mouth yang terjadi pada mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan, mengetahui proses keputusan pembelian Xiaomi pada mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan dan mengetahui hubungan word of mouth terhadap proses keputusan pembelian Xiaomi pada mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Jenis penelitian ini termasuk dalam bentuk causal dengan metode penelitian explanatory survey menggunakan teknik kuantitatif yang diolah dari hasil kuisioner dengan pengambilan sampel non-probability sampling, yaitu dengan merujuk pada suatu kriteria tertentu (purposive sampling). Metode analisis yang digunakan yaitu ; Analisis Deskriptif, Korelasi Rank Spearman, Koefisien Determinasi, dan Uji T. Berdasarkan hasil pengolahan data tentang word of mouth smartphone Xiaomi dikalangan mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan memiliki rata-rata persentase sebesar 73,2% yang artinya word of mouth sudah berjalan baik, dimana dimenasi talkers memiliki penilaian paling tinggi yaitu sebesar 77% hal itu menunjukkan, bahwa informasi orang terdekat mempengaruhi dalam pembelian smartphone Xiaomi. Tanggapan responden mengenai proses keputusan pembelian smartphone Xiaomi termasuk kategori baik dengan persentase 81,4%. Dimensi perilaku pasca pembelian sebesar 82,1% dimana konsumen merasa puas dan akan merekomendasikan Xiaomi kembali. Hasil pengujian korelasi rank spearman menunjukan nilai 0,554 yang diinterprestasikan berada pada kategori hubungan tingkat sedang. Hasil penelitian ini juga menunjukkan word of mouth memiliki kontribusi sebesar 30,7% terhadap proses keputusan pembelian smartphone Xiaomi. Kata Kunci : Word of Mouth, Proses Keputusan Pembelian, Xiaomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 11:35
Last Modified: 31 Aug 2022 11:35
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3748

Actions (login required)

View Item View Item