Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Wanaherang Gunung Putri Kabupaten Bogor

Junaedi, Dedi and Zaini, Oktori Kiswati and Andria, Fredi (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Wanaherang Gunung Putri Kabupaten Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi Fix (29).pdf

Download (2MB)

Abstract

DEDI JUNAEDI, 021114374. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Wanaherang Gunung Putri Kabupaten Bogor. Pembimbing Oktori Kiswati Zaini, dan Co. Pembimbing Fredi Andria. 2020 Salah satu upaya pembangunan dalam bidang kesehatan adalah tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas, kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kepuasan pelayanan kesehatan tercapai jika apa yang didapatkan pasien melebihi harapannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Puskesmas Wanaherang Gunung Putri Kabupaten Bogor melalui indikator bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati, serta untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dengan perbandingan antara tingkat kinerja dan tingkat harapan pada Puskesmas Wanaherang Gunung Putri Kabupaten Bogor. Metode penelitian dalam skripsi ini dengan menggunakan jenis data kualitatif, metode penarikan sampel menggunakan non probability sampling, metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder serta menggunakan metode analisi data lainnya adalah analisis deskriptif, tingkat kesesuaian dan analisis IPA (Importance Performance Analysis). Berdasarkan hasil penelitian penerapan Tingkat kinerja kualitas pelayanan Puskesmas Wanaherang Gunung Putri Kabupaten Bogor memiliki nilai rata-rata sebesar 71,5% yang artinya baik, sedangkan Penilaian terhadap tingkat kinerja dan tingkat harapan akan kinerja di Puskesmas Wanaherang Gunung Putri Kabupaten Bogor memiliki nilai 101,75% yang artinya pasien puas terhadap pelayanan di Puskesmas Wanaherang Gunung Putri Kabupaten Bogor. Berdasarkan diagram kartesius, Kuadran A (Prioritas utama) terdapat 2 kualitas pelayanan yaitu Kelengkapan fasilitas alat alat medis, Tingkat kerapian penampilan petugas. Kuadran B (Pertahankan prestasi) terdapat 8 kualitas pelayanan yaitu Tingkat keramahan dokter terhadap pasien, Tingkat keakuratan diagnosa dokter, Tingkat ketelitian perawat, Tingkat kesediaan perawat menanggapi keluhan pasien, Tingkat kesopanan dan keramahan perawat, Tingkat pelayanan perawat, Tingkat ketersediaan dan kelengkapan obat, Tingkat perhatian dokter terhadap pasien. Kuadran C (Prioritas rendah) terdapat 4 kualitas pelayanan yaitu Area parkir di Puskesmas memadai, Tingkat kecepatan waktu pelayanan, Tingkat kebersihan kamar rawat inap, perawat memberitahu apabila ada keterlambatan pemeriksaan. Kuadran D (Berlebihan) terdapat 1 kualitas pelayanan yaitu Tingkat waktu untuk pemeriksaan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 11:37
Last Modified: 31 Aug 2022 11:37
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item View Item