SPERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Komparatif pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV B di SDN Bantarjati 9 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020

Rahmadhanty, Risma and Rostikawati, Teti and Handayani, Rukmini (2019) SPERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Komparatif pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV B di SDN Bantarjati 9 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
PGSD 2019 RISMA.pdf

Download (59kB)

Abstract

ABSTRAK Risma Rahmadhanty 037115139. Perbedaan Hasil Belajar Model Problem Based Learning dengan Discovery Learning Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Skripsi. Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen komparatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman menggunakan model problem based learning dan discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bantarjati 9 Kota Bogor kelas IVA dan IVB, pada bulan Juli semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pada uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung ≤ Ltabel. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai x^2hitung sebesar 3,608 ≤ x^2tabel 3,641. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (8,252) > ttabel (1,99006). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman menggunakan model Problem Based Learning dengan Discovery Learning, serta Model Pembelajaran yang paling efektif adalah Model Problem Based Learning dengan N-gain 56,29 Kata kunci : Hasil Belajar, model Problem Based Learning, dan model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 31 Aug 2022 11:37
Last Modified: 19 Sep 2022 04:36
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3780

Actions (login required)

View Item View Item