PENGARUH KEDISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Kuantitatif melalui Pendekatan Studi Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Nagrak ,Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021)

Affidah, Bunga Maulida and Budiana, Sandi and Safitri, Nurlinda (2020) PENGARUH KEDISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Kuantitatif melalui Pendekatan Studi Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Nagrak ,Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD BUNGA.pdf

Download (74kB)

Abstract

Bunga Maulida Affidah Yusfa. 037116052. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik 6 pada peserta didik kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri 06 Nagrak Kecamatan Gunug Putri Kabupaten Bogor Semester Ganjil tahun Pelajaran 20120/2021. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik SD Negeri 06. Penelitian ini merupakan studi korelasional, subyek penelitian ini berjumlah 60 pesertadidik kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri 06 Nagrak Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 44 peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk Kedisiplinan dan kemandirian belajarpeserta didik. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan hasil Lhitung = 0,092 < Ltabel = 0,126 yang berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasilnya menunjukkan Fhitung = 1,22 < Ftabel= 2,407 yang bersifat homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan kemandirian belajar peserta didik . Adanya pengaruh yang fungsional antara kedisiplinan dengan kemandirian belajar peserta didik dinyatakan melalui persamaan regresi Ŷ = 17,51 + 0,570X dengan hasil koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa kedisiplinan berkontribusi.Dengan hasil kofisien korelasi sebesar 0,632 yang dikategorikan kuat. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan terdapat hubungan positif kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar 06 Nagrak Semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Kata Kunci :Kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:27
Last Modified: 19 Sep 2022 04:50
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3888

Actions (login required)

View Item View Item