PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Penelitian Kausal di kelas V Sekolah Dasar Negeri Megamendung 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

Desmawati, Rita and Budiana, Sandi and Mirawati, Mira (2021) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Penelitian Kausal di kelas V Sekolah Dasar Negeri Megamendung 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rita Desmawati. 037117196. Pengaruh Pemberian reward terhadap Hasil Belajar Peserta Dididk Pada Mata Pelajaran Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantatif dengan pendekatan kausal. Permasalahan dalam penelitian ini Peserta didik masih belum mandiri dalam mengerjakan tugas-tugasnya pada mata pelajaran matematika, peserta didik masih kurang aktif dalam pembelajaran matematika, peserta didik masih kurang percaya diri untuk menanggapi dan bertanya, Penerapan pemebrian reward belum sepenuhnya maksimal dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kausal pemberian reward sebagai variabel bebas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika sebagai variabel terikat. Objek dalam penelitian ini adalah kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Megamendung 01 kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor Semester Ganjil Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah populasi 55 peserta didik dan sampel sebanyak 35 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel pemberian reward dan tes soal pilihan ganda untuk variabel hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien jalur (rxy) 0,954 dalam pola Ŷ = 19,292 + 0,582x yang berarti tingkat pengaruh dalam penelitian ini tergolong sangat kuat. Besar pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika ditujukkan pada koefisien determinasi (r2) 0,910 atau 91% dan sisanya 9% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun perhitungan pengujian hipotesis menghasilkan thitung 12,616 > ttabel 2,101 dengan taraf nyata 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemberian reward terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri Megamendung 01 Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor Semester Ganjil Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Reward, Hasil Belajar, Matemati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:53
Last Modified: 20 Sep 2022 01:25
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/3936

Actions (login required)

View Item View Item