PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEREDARAN DARAH (Penelitian dan Pengembangan Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 14 Bogor)

Azizah, Risa and Retnowati, Rita and Triasianingrum (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEREDARAN DARAH (Penelitian dan Pengembangan Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 14 Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 P BIO Risa Azizah.pdf

Download (94kB)

Abstract

Risa Azizah. 036115015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Peredaran Darah. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Rita Retnowati, M.S., dan Dra. Triasianingrum A. S.U. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa diakibatkan karena Proses pembelajaran disekolah jarang melibatkan siswa langsung serta jarang diadakan proses diskusi atau proses pembelajaran hanya terjadi satu arah saja (teacher centered) dan siswa jarang dibiasakan untuk belajar mandiri atau mencari tahu sendiri mengenai informasi yang dibutuhkan dari literatur lain yang lebih lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis keterampilan proses sains sebagai pelengkap pembelajaran yang lebih efektif pada materi sistem peredaran darah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development)dengan model Four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Agustus 2019. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 14 Bogor tahun akademik 2019/2020. Pelaksanaan uji coba lapangan hanya dilakukan secara uji coba terbatas menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest dengan menggunakan instrumen tes berupa soal uraian.Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) hasil validasi kelayakan bahan ajar oleh tiga orang ahli sains menunjukan kriteria valid tanpa revisi dengan tingkat pencapaian sebesar 91,1%. 2) Bahan ajar mampu membantu siswa dalam pencapaian kompetensi, siswa menjadi lebih aktif bertanya, berdiskusi dengan baik, antusias mengikuti pembelajaran, berani mengemukakan pendapat. 3) efektif membantu guru dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan hasil rata-rata tanggapan guru sebesar 99% (sangat baik). 4) bahan ajar sensitif dalam pembelajaran dan melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,45 (sedang). Kata Kunci : Bahan ajar, keterampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis, sistem peredaran darah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:11
Last Modified: 20 Sep 2022 01:30
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4009

Actions (login required)

View Item View Item