PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIAMOND TOUCH TERINTEGRASI DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM EKSKRESI KELAS XI

Juanita, Rini and Rubini, Bibin and Susanto, Lufty Hari (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIAMOND TOUCH TERINTEGRASI DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM EKSKRESI KELAS XI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 P BIO Rini Juanita.pdf

Download (96kB)

Abstract

RINI JUANITA. 036115007. Pengembangan Media Pembelajaran Diamond Touch Terintegrasi Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Ekskresi Kelas XI. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan Prof.Dr.H. Bibin Rubini, M.Pd., dan Lufty Hari Susanto, M.Pd. Media dalam pendidikan merupakan instrumen yang dapat menentukan keberhasilan proses pembelajaran, terutama jika digunakan bersamaan dengan model pembelajaran. Hal tersebut disebabkan karena media secara langsung dapat memberikan dinamika tersendiri terhadap peserta didik, dan model pembelajaran dapat membantu guru dalam melakukan pembelajaran dengan baik dan teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang terintegrasi dengan model inkuiri terbimbing, untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem ekskresi peserta didik kelas XI MA Assalam. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development model 4-D (Devine, Design, Develop,Dissemination), dilaksanakan pada bulan Februari hingga Juli 2019. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI IPA di MA Assalam Sukabumi tahun akademik 2018/2019. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 2 untuk kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang siswa. Uji coba terbatas pada peneilitan ini menggunakan onegroup pretest-postest tanpa menggunakan kelas kontrol. Berdasarkan hasil validasi, kualitas media pembelajaran Diamond Touch yang diintegrasikan dengan Model Inkuri Terbimbing dapat dikategorikan sangat baik dan memenuhi kriteria. Hasil uji validasi ahli berdasarkan aspek materi, bahasa, dan tampilan didapat nilai rata-rata sebesar 85% yang menunjukan pada kategori valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Peningkatkan pemahaman konsep peserta didik berdasarkan dari rata-rata nilai pretest yaitu sebesar 47,4, dan pada rata-rata nilai postest sebesar 78,03, didapat nilai N-gain sebesar 0,61 yang menunjukkan pada kriteria sedang. Rata-rata respon peserta didik didapat sebesar 85% yang menunjukan respon positif terhadap media DT. Hasil tersebut menunjukan bahwa media DT mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik tentang Sistem Ekskresi. Kata kunci: Diamond Touch, Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep, Sistem Ekskresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:32
Last Modified: 17 Sep 2022 01:04
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4025

Actions (login required)

View Item View Item