ANALISA STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN CABANG BOGOR KOTA

KARTIKA, TRISHA and KUSUMANINGTIAS, INTAN TRI and ALAMSYAH, FERI FERDINAN (2020) ANALISA STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN CABANG BOGOR KOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PAKUAN.

[img] Text
CamScanner 09-01-2022 11.36.pdf

Download (1MB)

Abstract

TRISHA KARTIKA. 044116521. 2020. Analisis Strategi Marketing Public Relations dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Bogor Kota. Program Ilmu Komunikasi. Hubungan Masyarakat. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Intan Trikusumaningtias M.Ikom, Feri Ferdinan Alamsyah M.Ikom BPJS Ketenagakerjaan merupakan hasil akumulasi berbagai undang-undang (UU) dan peraturan yang berfokus pada jaminan sosial dan proteksi ketenagakerjaan di Indonesia. Memang proteksi dan jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan tanggung jawab negara dan sudah diperjuangkan kaum pekerja dan buruh sejak dahulu kala. Sebelum BPJS kesehatan terbentuk, masalah proteksi dan jaminan sosial ketenagakerjaan Indonesia itu diurus oleh PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) berdasarkan UU no 3 tahun 1992. PT Jamsostek akhirnya bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan yang bertanggung jawab langsung ke presiden berdasarkan mandat dari UU no 24 tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Marketing Public Relations BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bogor Kota dalam meningkatkan kualitas pelayanan peserta. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dimana peneliti melakukan penelitian dengan Public Relations agar dapat merekonstruksi realitas yang ada. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini adalah informan kunci, informan aktifitas alami dilapangan dan kepustakaan yang berkaitan dengan strategi Marketing Public Relations BPJS Ketenagakerjaan cabang Bogor Kota. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, intrepretasi data dan penarikan kesimpulan setelah dilakukan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Strategi yang digunakan BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan peserta adalah Pertama, Pull Strategy, yaitu dengan memaksimalkan pada kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk mempublikasikan kepada masyarakat tentang manfaat yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Kedua, Push Strategy dengan cara bekerjasama dengan beberapa media untuk kegiatan publikasi. Dan yang ketiga dengan Pass Strategy yaitu memaksimalkan pelayanan kepada peserta dan memberikan beberapa tawaran menarik ketika sudah menjadi peserta lebih dari 1 tahun di BPJS Ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 01:57
Last Modified: 03 Sep 2022 01:57
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4060

Actions (login required)

View Item View Item