PENGEMBANGANASESMENBERBASISKETERAMPILANPROSESSAINS(KPS) TERINTEGRASI PADA MATERISISTEMPEREDARANDARAHMANUSIA

Khairiah, Nashiroh and Hidayat, Nandang and Lathifah, Suci Siti (2021) PENGEMBANGANASESMENBERBASISKETERAMPILANPROSESSAINS(KPS) TERINTEGRASI PADA MATERISISTEMPEREDARANDARAHMANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2021 P.BIO NASHIROH KHAIRIAH.pdf

Download (66kB)

Abstract

NashirohKhairiah.036117010.PengembanganAsesmenBerbasisKeterampilanProsesSains(KPS)TerintegrasiPadaMateriSistemPeredaran Darah Manusia. Skripsi. UniversitasPakuan. Bogor. Di bawahbimbinganDr.NandangHidyat,M.Pd.danSuciSiti LatifahM.Pd. Asesmen berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) terintegrasi merupakan upaya melaluipendekatanketerampilanprosessainsdalammengembangkankemampuanberfikirkritissiswa.Penelitian pengembangan ini bertujuan untukmendeskripsikan pengembangan dan kelayakan asesmen KPS terintegrasi siswapada pembelajaran sistem peredaran darah manusia. Populasi penelitian ini adalahsiswa SMA kelas XI semester I SMAN 1 Cibadak yang memiliki kemampuanheterogen.SedangkansampelnyaadalahtigakelasIXMIPAyangtotalberjumlah 96siswa.Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalahResearchandDevelopment(R&D)denganmodelpengembanganADDIE.Pelaksanaanpengembanganasesmenautentikinimenggunakanbeberapainstrumenyaituperangkat penilaian tes berupa kisi-kisi soal, soal pilihan ganda sebanyak 20 soal,lembarangketresponsiswa,danwawancaraguru.Hasilpenelitianinimenunjukkan bahwa pengembangan dan penerapan asesmen KPS terintegrasi inidinilailayakuntukmengukurketerampilanprosessainsterintegrasisiswa.Penilaian kelayakan dilakukan dengan uji validitas teoritis oleh dosen ahli, danvaliditas empiris. Berdasrkan uji validasi oleh ahli diperoleh persentase rata-rata88% pada aspek materi, 84% pada aspek evaluasi, dan 81% pada aspek bahasa.Kemudianuntukvaliditasempirismendapatkannilaikoefisien0,55danreliabilitas mendapatkan nilai koefisien sebesar 0,88. Hasil ini yang menunjukkan bahwa soal KPS valid atau layak digunakan. Asesmen berbasis KPS teritegrasiterkateori efektif karena mendapat respon positif siswa sebesar 71% dan responbaikdariguru. KataKunci:Asesmen,KeterampilanProsesSainsTerintegrasi,Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 01:59
Last Modified: 20 Sep 2022 01:37
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4084

Actions (login required)

View Item View Item