PENGEMBANGAN BUKU SAKU MAMALIA ORDO PRIMATA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SMA

Nuraeni, Yulia and Rostikawati, Teti and Awaludin, Muhammad Taufik (2020) PENGEMBANGAN BUKU SAKU MAMALIA ORDO PRIMATA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 P BIO Yulia Nuraeni.pdf

Download (112kB)

Abstract

Yulia Nuraeni. 036116015. Pengembangan Buku Saku Mamalia Ordo Primata sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si., dan M. Taufik Awaludin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan mengetahui kelayakan buku saku Mamalia ordo Primata sebagai media pembelajaran untuk siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Juli 2020. Buku saku Mamalia ordo Primata yang dikembangkan dengan tahap define, design, develop telah memenuhi komponen yang sesuai dengan KD dalam kurikulum 2013, bahasa yang digunakan mudah dipahami, penyajian buku saku yang penuh warna serta gambar yang ditampilkan sangat mendukung materi pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian pembaca. Berdasarkan hasil validasi buku saku Mamalia ordo Primata oleh delapan orang ahli menunjukkan kriteria valid dengan hasil dari aspek konten/isi sebesar 83,5%, aspek bahasa sebesar 83%, dan aspek penyajian sebesar 82,5% dan rata-rata secara keseluruhan 83% sehingga buku saku layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: buku saku, Mamalia, Primata, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BIOLOGI
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 01:59
Last Modified: 20 Sep 2022 01:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item View Item