PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA CARA TUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kausal Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021

Amalia, Suci Mutiara and Anwar, Wawan Syahiril and Nurlela, Nintin (2020) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA CARA TUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kausal Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD SUCI MUTIARA AMALIA.pdf

Download (122kB)

Abstract

Suci Mutiara Amalia. 037116010. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi kausalitas pada disiplin belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar subtema cara tubuh mengolah udara bersih sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas VA, VB, VC, dan VD Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 124 dengan sampel sebanyak 55 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel disiplin belajar dan menggunakan soal tes untuk variabel hasil belajar subtema cara tubuh mengolah udara bersih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar subtema cara tubuh mengolah udara bersih. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,635 sedangkan koefisien determinasinya sebesar 40,32%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar subtema cara tubuh mengolah udara bersih siswa sebesar 40,32% ditentukan oleh disiplin belajar melalui persamaan regresi Ŷ = -1,34 + 0,55X. Sisanya ditentukan oleh faktor lain. Diperoleh thitung sebesar 6,003 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata nyata 0,05 sebesar 2,005 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar subtema cara tubuh mengolah udara bersih. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:02
Last Modified: 16 Sep 2022 07:08
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4139

Actions (login required)

View Item View Item