Dani Fahriza, Lutfi and Harsani, Prihastuti and Erniyati (2021) ANALISIS SENTIMEN PELAYANAN HOTEL BINTANG LIMA MENGGUNAKAN METODE TOPIC MODELLING LATENT DIRICHLECT ALLOCATION DAN SUPPORT VECTOR MACHINE. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Usaha Hotel adalah usaha penyediaan akomodasi berupa kamar-kamar di dalam suatu bangunan, yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makan dan minum, kegiatan hiburan dan fasilitas lainnya secara harian dengan tujuan memperoleh keuntungan. Hotel Bintang adalah hotel yang telah memenuhi kriteria penilaian penggolongan kelas hotel bintang satu, dua, tiga, empat, dan bintang lima. Standar Usaha Hotel mencakup aspek produk, pelayanan, dan pengelolaan. Penelitian ini melakukan Analisis Sentimen Pelayanan Hotel Bintang Lima Menggunakan Metode Topic Modelling Latent Dirichlect Allocation Dan Support Vector Machine. Metode ini menggunakan kaidah Knowledge Discovery and Data Mining yang terdiri dari beberapa tahap yaitu Pengumpulan data, Cleaning and Integration, Selection and Transformation, Data Mining, Evaluation, dan Knowledge Representation. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Melakukan ekstraksi fitur hotel yang diambil dari komentar Menentukan sentimen analisis berdasarkan fitur hotel berdasarkan komentar. Dalam penelitian ini analisis terdiri dari 3 hotel dari 2 situs yaitu JW Marriott Hotel Jakarta, The Ritz-Carlton Hotel Jakarta, dan Shangri-La Hotel Jakarta dari situs Tripadvisor dan Agoda, komentar yang digunakan yaitu dari bahasa indonesia dan inggris. Dari hasil topik yang didapat pada masing hotel-hotel yang dilakukan, didapatkan dari situs Tripadvisor pada JW Marriott Hotel Jakarta komentar bahasa indonesia yaitu 3 Topik, dan komentar bahasa inggris 4 topik. Pada Shangri-La Hotel Jakarta komentar bahasa indonesia yaitu 3 Topik, dan komentar bahasa inggris 3 topik. Dan pada The Ritz-Carlton Hotel Jakarta komentar bahasa indonesia yaitu 4 Topik, dan komentar bahasa inggris 3 topik. Sedangkan dari situs Agoda pada JW Marriott Hotel Jakarta komentar bahasa indonesia yaitu 3 Topik, dan komentar bahasa inggris 4 topik. Pada Shangri-La Hotel Jakarta komentar bahasa indonesia yaitu 3 Topik, dan komentar bahasa inggris 4 topik. Dan pada The Ritz-Carlton Hotel Jakarta komentar bahasa indonesia yaitu 3 Topik, dan komentar bahasa inggris 4 topik. Dari hasil analisis sentimen yang didapat pada masing-masing topik sesuai dengan hotel dan situs, didapatkan hasil analisis sentimen paling tertinggi dari situs Tripadvisor dari komentar bahasa indonesia yaitu The Ritz-Carlton Hotel Jakarta dari topik 1, dengan jumlah komentar positif 440, netral 17, dan negatif 32. Sedangkan pada komentar bahasa inggris yaitu The Ritz-Carlton Hotel Jakarta pada topik 1 dengan jumlah komentar positif 359, netral 2, dan negatif 1. Selain itu hasil yang didapatkan pada situs agoda dari komentar bahasa indonesia yaitu Shangri-La Hotel Jakarta dari topik 1, dengan jumlah komentar positif 28, netral 8, dan negatif 1. Sedangkan pada komentar bahasa inggris yaitu Jw Marriott Hotel Jakarta pada topik 2 dengan jumlah komentar positif 326, netral 13, dan negatif 3. Dengan menggunakan metode klasifikasi SVM jumlah ulasan positif dan negatif pada masing�masing dilihat dari true positive dan true negative pada confusion matrix dengan rata-rata nilai pada situs Tripadvsior komentar berbahasa indonesia dengan akurasi 92,75% dan komentar berbahasa inggris dengan akurasi 97,77%. sedangkan pada situs Agoda komentar berbahasa indonesia akurasi 93,37% dan komentar berbahasa inggris akurasi 97,56%. Kata Kunci : Text Mining, Knowledge Discovery and Data Mining, Sentiment Analisis, Topic Modelling, Latent Dirichlect Allocation, Support Vector Machine, Hotel Bintang Lima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 02:04 |
Last Modified: | 03 Sep 2022 13:22 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4165 |
Actions (login required)
View Item |