Refitasari, Rizki (2020) ANALISIS STRUKTUR KALIMAT PADA TEKS NARASI SISWA TUNARUNGU KELAS X DI SLB-B DHARMA WANITA KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2022 PBSI Rizki Refitasari.pdf Download (160kB) |
Abstract
ABSTRAK Rizki Refitasari: “Analisis Struktur Kalimat pada Teks Narasi Siswa Tunarungu Kelas X di SLB-B Dharma Wanita Kota Bogor”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Sebagai calon pendidik tentu kita akan dihadapkan dengan beragam permasalahan, salah satunya kesulitan dalam belajar yang dialami oleh siswa. Guru tentu harus mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh siswa dan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, terlebih kepada anak berkebutuhan khusus yang memiliki kemampuan berbeda dengan siswa pada umumnya. Tulisan ini akan mengkaji tentang penggunaan struktur kalimat pada teks narasi siswa tunarungu. Fokus pada penelitian ini adalah penggunaan struktur kalimat, apakah siswa tunarungu mampu menggunakan pola dasar bahasa Indonesia yang telah ditetapkan atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui struktur kalimat yang terdapat dalam karangan narasi siswa tunarungu kelas X di SLB-B Dharma Wanita Kota Bogor tahun pelajaran 2019/2020 dengan cara menganalisis data satu persatu sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara memaparkan secara konkret dan faktual data yang telah ditemukan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa struktur kalimat yang terdapat pada teks narasi siswa tunarungu kelas X di SLB-B Dharma Wanita Kota Bogor dengan lima teks narasi siswa sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, yaitu dengan cara mengkaji teks yang dikarang oleh siswa. Penelitian ini menganalisis 60 data dan menghasilkan 27 jenis pola kalimat yang terdapat pada karangan narasi siswa tunarungu. Terdapat pola kalimat yang sering muncul atau digunakan oleh siswa, yaitu pola S-P-O dengan persentase sebanyak 13,33%. Terdapat pula 16 pola dengan jumlah persentase terkecil yaitu 1,66%. Secara keseluruhan data yang sesuai dengan pedoman kebahasaan pola dasar bahasa Indonesia yaitu sebanyak 63,21% dan yang tidak sesuai dengan pedoman yaitu 39,79%. Data ini menunjukkan bahwa siswa tunarungu mampu menggunakan pola dasar bahasa Indonesia yang baik dan benar karena pengajaran serta lingkungan berkomunikasi yang baik di sekolah. Hasil penelitian ini dapat memberikan dampak yang positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah khususnya pada siswa tunarungu. Kata kunci: struktur kalimat, teks narasi, siswa tunarungu
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Bahasa & Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 02:05 |
Last Modified: | 03 Sep 2022 02:05 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4185 |
Actions (login required)
View Item |