Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Rasio Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2018

Herliani, Chika and Marota, Rochman and Fadillah, Haqi (2020) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Rasio Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 Chika Herliani 022116047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Chika Herliani. 022116047. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Rasio Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2018. Pembimbing: Rochman Marota dan Haqi Fadillah. 2020. Profitabilitas merupakan faktor yang mendapat perhatian penting karena untuk dapat melangsungkan hidup suatu perusahaan harus berada dalam kondisi yang menguntungkan agar investor yang sudah menanamkan modalnya di perusahaan tersebut. Hal tersebut dilakukan oleh perusahaan dengan melakukan Corporate Social Responsibility dapat mempengaruhi profitabilitas perusahaan, karena semakin banyak item yang diungkapkan oleh perusahaan maka akan membangun brand image dalam masyarakat sehingga perusahaan makin terkenal di kalangan masyarakat. Namun, ada kesenjangan antara teori dengan gap, tingkat pengembalian profit sangat kecil, karena tidak selamanya pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dapat memberikan banyak manfaat. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh pengungkapan CSR terhadap Return on Assets (ROA) , Return on Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2014 – 2018. Metode penelitian mengenai pengungkapan CSR dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada perusahaan sektor pertanian dengan menggunakan data sekunder dengan metode penarikan sampel berupa purposive sampling. Metode analisis data berupa analisis kuantitatif dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengujian parsial dengan uji t menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh negatif terhadap ROA, dan NPM. Pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap ROE. Kata Kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) , Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 26 Aug 2022 12:44
Last Modified: 26 Aug 2022 12:44
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item