PENERAPAN MODEL SINEKTIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX SMP AL GHAZALY KOTA BOGOR

Harahap, Gema Ramadhoni (2020) PENERAPAN MODEL SINEKTIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX SMP AL GHAZALY KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PBSI Gema Ramadhoni H..pdf

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK Gema Ramadhoni Harahap: “Penerapan Model Sinektik dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Kelas IX SMP AL GHAZALY Kota Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Sinektik untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen kelas IX SMP AL GHAZALY Kota Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP AL GHAZALY Kota Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas IX E sebagai kelas eksperimen dan kelas IX A sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model sinektik dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal (prates) kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 53,6 kemudian terjadi peningkatan nilai pada hasil postes, dengan memperoleh nilai rata-rata 81,6. Hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga thitung= 2,52 dan d.b.= 61. Dari db 61 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai “t”. nilai d.b.= 61 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati yaitu d.b. 60 dan diperoleh harga to 0,05 = 1,67 dan harga to 0,01 = 2,38 dengan demikian, thitung jauh lebih besar dari ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung, yaitu 1,67 < 2,52 > 2,38. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu peserta didik mengalami kendala dalam menulis teks cerpen terbukti kebenarannya. Bedasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa 19 peserta didik atau 59% kesulitan menentukan sudut pandang dalam menulis teks cerpen. Selain itu, 20 peserta didik atau 63% kesulitan menyusun abstrak dalam menulis teks cerpen. Kemudian 22 peserta didik atau 69% mengalami kendala saat menyusun evaluasi dalam menulis teks cerpen. Kata kunci: Keterampilan menulis teks cerpen, model sinektik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:13
Last Modified: 03 Sep 2022 02:13
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4267

Actions (login required)

View Item View Item