PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAMANSARI

Framudia, Firda and Sarimanah, Eri and Suhendra (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAMANSARI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PBSI Firda Framudia.pdf

Download (138kB)

Abstract

ABSTRAK Firda Framudita: Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tamansari, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tamansari, serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, non tes berupa observasi dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerita fantasi, sementara angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh setiap peserta didik pada saat proses belajar mengajar menggunakan pbl dalam menulis teks cerita fantasi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Sampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerita fantasi dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 54,72. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan peserta didik berada dalam taraf kurang mampu dalam menulis teks cerita fantasi. Sementara itu, pada hasil postes mengalami peningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen dalam menulis teks cerita fantasi menjadi 90.06 dengan taraf sangat mampu. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang begitu signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 35,34. Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan mean diperoleh t0,99 = 2,39. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,67<3,09>2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh setiap peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 75% mengalami kendala pada saat menentukan kaidah kebahasaan dalam menulis teks cerita fantasi, kemudian 63% masih mengalami kendala dalam membuat kerangka teks cerita fantasi, dan 59% mengalami kendala dalam menggunakan kalimat langsung dalam menulis teks cerita fantasi. Dengan demikian, penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerita fantasi. Kata Kunci: Kemampuan menulis teks cerita fantasi, model problem based learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:14
Last Modified: 16 Sep 2022 03:42
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item