PENGARUH PERSEPSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA StudiKausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019

Kusumah, Ratih Ningrum and Kurnia, Dadang and Suchyadi, Yudhie (2019) PENGARUH PERSEPSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA StudiKausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PGSD Ratih Ningrum Kusumah.pdf

Download (88kB)

Abstract

Ratih Ningrum Kusumah. 037114227. Pengaruh Persepsi Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2019.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Siswa.Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen kuisioner berskala lima untuk variabel persepsi kecerdasan emosional dan interaksi sosial siswa. Uji validitas persepsi kecerdasan emosional dan interaksi sosial siswa dihitung menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor berjumlah 460 orang siswa. Sampel yang diambil 82 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan daam bentuk persamaan regresi yaituŶ = 0,56 + 1,12x, dengan harga Fhitung sebesar 27,320 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05 sebesar 2,457, dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif persepsi kecerdasan emosional terhadap interaksi sosial pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ciomas Semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Persepsi Kecerdasan Emosional, Interaksi Sosial Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 02:17
Last Modified: 16 Sep 2022 03:15
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4304

Actions (login required)

View Item View Item