VISUALISASI BERBASIS MOBILE SEDIAAN SABUN MANDI CAIR MINYAK ATSIRI JERUK PURUT

Dwi Putra Fajar, Febriawan and Setyaningsih, Sri and Maesya, Aries (2021) VISUALISASI BERBASIS MOBILE SEDIAAN SABUN MANDI CAIR MINYAK ATSIRI JERUK PURUT. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aplikasi Medicare merupakan aplikasi yang dibangun dengan tujuan mempermudah user melakukan riset sebelum melakukan secara manual. User disini mahasiswa yang melakukan untuk membuat sediaan formulasi sabun mandi cair dengan menggunakan minyak atsiri jeruk purut. Hasil proses dari aplikasi Medicare dapat dicetak menjadi pdf yang akan menampilkan semua input dan output takaran bahan dan perkiraan biaya yang diperlukan. Penelitian ini dilakukan untuk memformulasikan sediaan minyak atsiri kulit buah jeruk purut ke dalam sediaan sabun mandi cair dan menyajikannya dalam bentuk animasi berbasis mobile.Perancangan sistem ini berdasarkan Naskah Publikasi Formulasi Sediaan Sabun Mandi Cair Minyak Atsiri Jeruk Purut (Citrus Hystrix Dc.) Dengan Kokamidopr-opil Betain Sebagai Surfaktan. (Febrianti, Dwi Rizki. 2016). yang kemudian di uji cobakan tahapannya ke dalam pemograman android dengan bahasa java dan xml, dengan perancangan sistemnya menggunakan metode penelitian MDLC (Multimedia Development Live Cycle). Tahap penelitian dimulai dengan concept, perencanaan bagaimana membangun sistem yang akan dibuat berpengaruh terhadap hasil akhir penggunaan sistem tersebut sampai tahap distribution yang menjadi tahap akhir untuk peluasan penggunaan sistem ini sesuai target yang dituju.Pada tahapan ini penulis menggunakan Android Studio sebagai media utama pembuatan aplikasi, kebutuhan animasi dibuat pada Adobe Flash, serta kebutuhan desain vector maupun raster dilakukan di Adobe Illustrator dan Photoshop. Perancangan desain merupakan langkah awal dari semua tampilan yang ada di aplikasi, desain ini selain dibutuhkan pada pembuatan aplikasi android tetapi juga dibutuhkan untuk animasi dan hal lainnya untuk mengimplementasikan rancangan ini. Pembuatan animasi ini menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 dimana dimaksudkan untuk mempermudah pengguna dalam memahami informasi yang disampaikan. Teknik animasi yang digunakan pada aplikasi ini yaitu frame by frame dan tweening. Frame by frame dan tweening merupakan teknik animasi untuk memindahkan objek yang memiliki titik awal dan akhir sehingga dapat bergerak.Dari hasil uji coba struktural menunjukan hasil implementasi sesuai dengan rancangan, kemudian untuk uji coba fungsional memiliki hasil setiap tombol dan form yang harus diisi oleh user berfungsi seluruhnya, serta hasil dari uji validasi menunjukan bahwa setiap proses perhitungan menampilkan hasil yang tepat, hasil dari uji coba kompatibilitas menunjukan bahwa aplikasi simulator ini sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan penulis, serta hasil dari uji coba usability jawaban dari beberapa responden dimana bisa disimpulkan bahwa dengan perhitungan diatas maka indeks persentasenya “78%” berada dalam kategori “Setuju”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini sudah disetujui sesuai dengan tujuan awal pembuatan Kata Kunci : Animasi, Mobile Android, MDLC (Multimedia Development Live Cycle)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika > Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:32
Last Modified: 03 Sep 2022 16:38
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item View Item