PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri Pancawati 02 Kabupaten Bogor Semester Genap 2018/2019

Alawiyah, Tuti and Anwar, Wawan Syahiril and Sundari, Fitri Siti (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri Pancawati 02 Kabupaten Bogor Semester Genap 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019PGSD TUTI A.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Tuti Alawiyah. 037115149. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian Kuantitatif Eksperimen Quasi. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar pembelajaran kesatu pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanaka di Sekolah Dasar Negeri Pancawati 02 Kabupaten Bogor. Pada kelas IV-A dan IV- B semester genap 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dengan kelas model pembelajaran inkuiri terbimbing memperoleh nilai N-Gain sebesar 67,04 dengan ketuntasan hasil belajar 94% sedangkan kelas model pembelajaran Konvensional memperoleh nilai N-Gain 45,00 dengan ketuntasan hasil belajar 85% Hasil pengujian hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (5,39638) > ttabel (2,00404). Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang lebih besar dibanding model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:15
Last Modified: 16 Sep 2022 02:44
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4350

Actions (login required)

View Item View Item