PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TOKOPEDIA X BTS DI INSTAGRAM TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN (Kasus Pada: Pengikut Akun Instagram @Tokopedia)

Nugrahati, Ines Zahra and NUGROHO, DAVID RIZAR and PUSPANIDRA, TIARA (2021) PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TOKOPEDIA X BTS DI INSTAGRAM TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN (Kasus Pada: Pengikut Akun Instagram @Tokopedia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PAKUAN.

[img] Text
CamScanner 09-02-2022 12.18.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

okopedia adalah salah satu e-commerce terbesar yang ada di Indonesia. Semenjak iklan kolaborasinya dengan BTS di Instagram, pengikut akun Instagram Tokopedia sangat meningkat. Tokopedia semakin aktif dalam melakukan promosi di Instagram. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini antara lain menganalisis efektivitas iklan Tokopedia x BTS di Instagram, dan menganalisis terjadinya tindakan proses keputusan pembelian menggunakan Tokopedia, serta menganalisis pengaruh efektivitas iklan Tokopedia x BTS di Instagram terhadap proses keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah non probability sampling dengan kategori teknik purposive sampling dengan survei kepada 100 pengikut akun Instagram Tokopedia. Analisis yang adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: 1. Efektivitas Iklan Tokopedia x BTS di Instagram dapat dikatakan sudah efektif dan sangat baik, hal ini terlihat dari rataan jawaban pada keempat indikatornya yaitu rata-rata menjawab setuju. 2. Proses Keputusan Pembelian setelah melihat iklan Tokopedia x BTS di Instagram dapat dikatakan cukup baik, hal ini terlihat dari rataan jawaban pada kelima indikatornya yaitu rata-rata menjawab setuju. 3. Pengaruh Efektivitas Iklan Tokopedia x BTS di Instagram terhadap Proses Keputusan Pembelian diketahui nilai signifikansi (Sig.) variabel Efektivitas Iklan (X) sebesar 0,000<0,05, dengan besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,415 atau sama dengan 41,5%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel Efektivitas Iklan (X) berkontribusi sebesar 41% terhadap variabel Prose Keputusan Pembellian (Y). Diketahui sisanya 58,5% dipengaruhi oleh faktor lai yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Manajemen Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:14
Last Modified: 03 Sep 2022 03:14
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4351

Actions (login required)

View Item View Item