PENGARUH TAYANGAN VLOG RAFFI AHMAD TERHADAP GAYA HIDUP AUDIENS (STUDI KASUS: PENGIKUT VLOG RAFFI AHMAD)

Meidatama, Vikarsyah and Amaliasari, Diana and Firdaus, Dwi Rini Sovia (2021) PENGARUH TAYANGAN VLOG RAFFI AHMAD TERHADAP GAYA HIDUP AUDIENS (STUDI KASUS: PENGIKUT VLOG RAFFI AHMAD). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 09-02-2022 13.23.pdf - Published Version

Download (952kB)

Abstract

Vikarsyah Meidatama, 04417212. 2021. Pengaruh tayangan vlog Raffi Ahmad terhadap gaya hidup audiens (Studi kasus: Pengikut Vlog Raffi Ahmad). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Dibawah bimbingan: Diana Amaliasari dan Dwi Rini S. Firdaus. Kehadiran media online di masyarakat sangat pesat. Media online mampu mempengaruhi penontonnya untuk mengikuti perkembangan tren saat ini. Youtube merupakan sarana penyebaran informasi berbasis internet yang dapat mentransmisikan pesan melalui suara dan gambar. RANS Entertainment merupakan kanal YouTube atau rumah produksi milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dan nama RANS diambil dari penggabungan inisial Raffi Ahmad (RA) dan Nagita Slavina (NS). Dalam kanal Youtube Rans Entertainment menyuguhkan konten vlog kehidupan keluarga Raffi Ahmad yang gaya hidupnya mewah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tayangan vlog Raffi Ahmad terhadap gaya hidup audiens terutama pengikut vlog Raffi Ahmad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner. Dengan jumlah populasi sebanyak 21.700.000 juta pengikut dan menggunakan Teknik slovin untuk megambil responden dan menghasilkan sebanyak 100 orang pengikut vlog Raffi Ahmad untuk menjadi responden. Hasil penelitian ini terlihat responden yang paling banyak menjadi pengikut vlog Raffi Ahmad berjenis kelamin perempuan sebanyak 67 orang dan berada pada usia 20-24 tahun. Penelitian ini menggunakan teori Uses And Effect dimana pada teori ini menekankan tentang penggunaan media sosial Youtube itu sendiri apakah penggunaan tersebut efektif dan menghasilkan efek bagi penggunanya. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa terdapat pengaruh sebesar 27,5 persen tayangan vlog Raffi Ahmad terhadap gaya hidup audiens, sedangkan sisanya sebesar 72,5 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kata Kunci: Gaya hidup, Pengaruh, Tayangan vlog

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Penyiaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:08
Last Modified: 03 Sep 2022 03:08
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item