PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KERTAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DONGENG SISWA KELAS VII SMPI NUURUSHSHIBYAN CILEUNGSI

Nasrullah, Farid and Rosdiana, Rina and Mahajani, Tri (2019) PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KERTAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DONGENG SISWA KELAS VII SMPI NUURUSHSHIBYAN CILEUNGSI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PBSI Farid Nasrullah.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK Farid Nasrullah: “Penggunaan Media Wayang Kertas dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Dongeng Siswa Kelas VII SMPI Nuurushshibyan Cileungsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan keterampilan menulis teks dongeng siswa kelas VII SMPI Nuurushshibyan Cileungsi serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks dongeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPI Nuurushshibyan Cileungsi. Sampel penelitian ini adalah kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan media wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan menulis teks dongeng teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal (prates) kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 58% sehingga dapat diketahui siswa kurang mampu dalam menulis teks dongeng. Sedangkan hasil tes akhir rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis teks dongeng meningkat menjadi 80% dengan taraf mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh harga t0= dan d.b. = 66 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai “t”. Nilai d.b. = 66 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitu d.b. 60 dan diperoleh harga to 0,99 = 2,39 dan harga to 0,05 = 1,67. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung yaitu 1,67 <3,9> 2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks laporan hasil observasi terbukti kebenarannya. Bedasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa 19 siswa atau 56% kesulitan menuangkan ide pikiran dalam menulis teks dongeng. Selain itu, 19 siswa atau 56% kesulitan menentukan unsur pembangun dan struktur dalam menulis teks dongeng. Kemudian 14 siswa atau 42% mengalami kendala saat menangkap makna dongeng dari media wayang kertas. Kata kunci: Keterampilan menulis teks dongeng, media wayang kertas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:10
Last Modified: 16 Sep 2022 02:21
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4381

Actions (login required)

View Item View Item