ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SEKOLAH DASAR Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri Cibinong 04 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Damayanti, Anti and Herfina and Indriyani, Rini Sri (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SEKOLAH DASAR Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri Cibinong 04 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2020 PGSD Anti Damayanti.pdf

Download (159kB)

Abstract

Anti Damayanti. 037116216. Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam membaca permulaan, faktor-faktor yang menghambat, dan upaya mengatasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan siswa dalam membaca permulaan yaitu kurang mengenal huruf, sulit dalam membedakan huruf yang berbentuk mirip, membaca dieja, belum mampu membaca kalimat, mudah lupa kata yang telah dibacanya, kesalahan dalam pengucapan kata dan penghilangan huruf, masih harus dibimbing, selalu menelusuri setiap baris bacaan dengan jarinya, membaca tersendat-sendat, membutuhkan waktu yang cukup lama ketika mengeja; (2) Faktor-faktor yang menghambat berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya motivasi dan minat baca. Faktor eksternal meliputi lingkungan, keluarga, dan sekolah; (3) Upaya mengatasinya yaitu dengan memberikan bimbingan belajar di luar jam pelajaran, guru menggunakan metode khusus seperti metode multisensori dan media pembelajaran yang bervariasi untuk membimbing siswa dalam belajar membaca, orang tua harus lebih memperhatikan dan meluangkan waktu untuk mendampingi anaknya ketika belajar membaca di rumah, menjalin hubungan kerja sama yang baik antara guru dengan orang tua, serta siswa harus lebih giat untuk berlatih belajar membaca. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat seorang siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan di kelas I Sekolah Dasar Negeri Cibinong 04 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: kesulitan siswa, membaca permulaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:24
Last Modified: 15 Sep 2022 07:10
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4437

Actions (login required)

View Item View Item