Amalia, Ade Nur and Mahajani, Tri and Budiana, Sandi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP IT DARUL IBTIDA KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2019 PBSI Ade Nur Amalina.pdf Download (127kB) |
Abstract
ABSTRAK Ade Nur Amalina: ―Penerapan Model Pembelajaran Round Table untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP IT Darul Ibtida Kabupaten Sukabumi‖. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneisa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan keterampikan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP IT Darul Ibtida Kabupaten Sukabumi serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks cerita fantasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Darul Ibtida Kabupaten Sukabumi. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model pembelajaran round table dapat meningkatkan keterampil menulis teks cerita fantasi teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal (prates) kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 48,8 kemudian terjadi peningkatan nilai pada hasil postes, dengan memperoleh nilai rata-rata 84,7. Hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga thitung= 3,03 dan d.b.= 58. Dari db 58 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai “t”. nilai d.b.= 58 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitiu d.b. 60 dan diperoleh harga t0,05= 2,00 dan harga t0,01= 2,65 dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu 2,00<3,03>2,65. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks cerita fantasi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa 17 siswa atau 57% kesulitan menentukan konflik dalam menulis teks cerita fantasi. Selain itu, 17 atau 57% kesulitan menentukan tokoh dan penokohan pada teks cerita fantasi. Kemudian 19 siswa atau 63% mengalami kendala saat menentukan alur pada teks cerita fantasi. Kata kunci: Keterampilan menulis teks cerita fantasi, model round table.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 03:24 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 07:12 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4439 |
Actions (login required)
View Item |