PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS VII SMP BUMI PUTRA CIBINONG BOGOR

Andriani, Pitri and Rosdiana, Rina and Mubarock, Wildan Fauzi (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA SISWA KELAS VII SMP BUMI PUTRA CIBINONG BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
2019 PBSI Pitri Andriani.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Pitri Andriani: “Penerapan Model Discover Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas VII SMP Bumi Putra Cibinong Bogor”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Bumi Putra melalui penerapan model discovery learning serta mengetahui kendala yang dialami siswa. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitan ini yaitu siswa kelas VII SMP Bumi Putra. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model discovery learning dapat meningkatkan dalam pembelajaran menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Bumi Putra dapat teruji kebenarannya, dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 51,03 berada pada tingkat penguasaan kurang mampu, sedangkan pada hasil postes nilai rata-rata 78,56 dengan tingkat penguasaan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh harga t0= 2,82 dan d.b. = 34 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai “t”. Nilai d.b. = 34 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati, yaitu d.b. 30 dan diperoleh harga to 0,99 = 2,45 dan harga to 0,05 = 1,69. Dengan demikian, thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung yaitu 1,69 < 2,82 > 2,45. Hipotesis kedua, yaitu hampir sepenuhnya siswa mengalami kendala dalam menulis surat pribadi terbukti kebenarannya, dibuktikan dengan adanya kendala siswa dari hasil angket sebanyak 44% responden menjawab tidak memahami tentang surat pribadi. Kemudian 39% responden menjawab mengalami kendala dalam membuat kerangka surat pribadi. Dengan demikian, penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Bumi Putra, meskipun siswa masih mengalami kendala. Kata kunci: keterampilan menulis, surat pribadi, model discovery learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK
Date Deposited: 03 Sep 2022 03:26
Last Modified: 15 Sep 2022 07:17
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4442

Actions (login required)

View Item View Item