Haryanto, Fitri and Muharam, Hari and Hannan, Sufrin (2019) Hubungan Antara Bauran Promosi Dan Persepsi Harga Dengan Keputusan Pembelian Mahasiswa Dalam Melanjutkan Studi Pada Program Profesi 1 Tahun Di Lembaga Pendidikan El Rahma Bogor. Thesis thesis, Universitas Pakuan.
Text (cover-abstrak)
1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa hubungan antara bauran promosi dan persepsi harga dengan keputusan pembelian mahasiswa dalam melanjutkan studi pada Program Profesi 1 Tahun di Lembaga Pendidikan El Rahma Bogor. Penelitian dilaksanakan di Lembaga Pendidikan EI Rahma Bogor. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Profesi 1 Tahun di Lembaga Pendidikan EI Rahma Bogor tahun 201712018 yang berjumlah 191 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling, yaitu penentuan sampel di mana pengambilan elemen-elemen yang dimasukkan di dalam sam pel dilakukan dengan sengaja, dengan catatan bahwa sampel tersebut representatif atau mewakili populasi. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin sehingga sampel yang diambil berjumlah 130 responden. Analisa data menggunakan uji regresi linear sederhana, uji regresi berganda, uji korelasi sederhana, uji korelasi berganda, uji korelasi parsial dan uji koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel bauran promosi dengan keputusan pembelian dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,770 yang berarti kuat. Dan kontribusi variabel bauran promosi (Xi) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai R Square (R2) sebesar 0,593, Hal ini berarti bahwa bauran promosi (Xi) membentuk kontribusi sebesar 59,3% terhadap keputusan pembelian (Y). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel persepsi harga dengan keputusan pembelian dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,711 yang berarti kuat. Dan kontribusi variabel persepsi harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai R Square sebesar 0,505, Hal ini berarti bahwa variabel persepsi harga (X2) membentuk kontribusi sebesar 50,5% terhadap keputusan pembelian (Y). Terdapat hubungan positif dan signifikan variabel bauran promosi dan persepsi harga secara bersama-sama dengan keputusan pembelian dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,799 yang berarti kuat. Dan kontribusi bauran promosi (Xi) dan persepsi harga (X2) secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 0,632. Hal ini menunjukkan bahwa 63,2% keputusan pembelian mahasiswa dalam melanjutkan studi di Lembaga Pendidikan EI Rahma Bogor dipengaruhi oleh bauran promosi dan persepsi harga sedangkan sisanya 36,8%, keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor lain yang dalam penelitian ini tidak dibahas.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana > MANAJEMEN S2 > Pemasaran |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen (S2) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 03:43 |
Last Modified: | 03 Sep 2022 03:43 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4533 |
Actions (login required)
View Item |