Yumianti, Siti Novania and Mahajani, Tri and Budiana, Sandi (2020) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA NOVEL DAN HUJAN PUN BERHENTI KARYA FARIDA SUSANTY SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
2020 PBSI SITI NOVIANI YUMIANTI.pdf Download (183kB) |
Abstract
Siti Novania Yumanti “Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Novel Dan Hujan Pun Berhenti Karya Farida Susanty Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA” Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2020. Penggunaan bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa Indonesia yang memenuhi kaidah-kaidah (tata bahasa) dalam kebahasaan. Salah satu media penyalur bahasa adalah novel, seorang penulis harus memiliki kekampuan berbahasa yang memumpuni agar meminimalisir dan menghindari terjadinya kesalahan berbahasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan berbahasa berdasarkan PUEBI (pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca) yang terdapat pada novel Dan Hujan Pun Berhenti karya Farida Susanty serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra di SMA. Fokus penelitian ini adalah menganalisis kesalahan berbahasa yang terdapat pada novel Dan Hujan Pun Berhenti karya Farida Susanty serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa dan sastra di SMA. Sesuai dengan objek penelitian maka metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dan sumber data pada penelitian ini yaitu penulisan dalam novel Dan Hujan Pun Berhenti yang menunjukan kesalahan berbahasa. Dalam mengumpulkan data penelitian, teknik yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Dalam menganalisis data peneliti melakukan tiga tahap yaitu mengkaji, menganalisis, dan mendeskripsikan. Berdasarkan hasil analasis data pada novel Dan Hujan Pun Berhenti karya Farida Susanty, peneliti menemukan kesalahan berbahasa yang dikualifikasikan ke dalam aspek kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca. Kesalahan berbahasa yang dominan adalah kesalahan pemakaian huruf pada jenis huruf miring. Dengan temuan ini menunjukan bahwa, masih banyak terjadi kesalahan berbahasa pada novel. Hasil penelitian ini memberi implikasi positif terhadap pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, khususnya pada KD 3.9 dan 4.9 kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan siswa dapat memperbaiki kesalahan bahasa pada ejaan bahasa Indonesia. Kata kunci: Novel, Kesalahan Berbahasa, PUEBI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNPAK |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 04:38 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 06:27 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4566 |
Actions (login required)
View Item |