Piramita, Santi and Hannan, Sufrin and Purba, Jan Horas V (2020) Pengaruh Social Media Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian KPR Non Subsidi dengan Mediasi Persepsi Merek (Studi pada Bank BTN Cabang Bogor). Thesis thesis, Universitas Pakuan.
Text (cover-abstrak)
1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Untuk menjadi bank terdepan dan market leader dalam pembiayaan kredit perumahan, bank BTN mengeluarkan dua jenis kredit yaitu kredit subsidi dan nonsubsidi. Pada jenis subsidi, bank BTN masih menjadi market leader di pasamya. Namun tidak pada jenis non-subsidi, pertumbuhan bank BTN dalam realisasi KPR non-subsidi pada tahun 2019 berada pada posisi lebih rendah jika dibandingkan dengan bank lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keputusan pembelian KPR non-subsidi yang dipengaruhi oleh social media marketing dan kualitas pelayanan dengan persepsi merek sebagai variabe1 mediasi. Data dalam penelitian diperoleh dari 320 responden debitur pengguna media sosial Instagram yang terlibat di dalam kegiatan pemasaran bank BTN. Model dalam pene1itian ini di design menggunakan hierarchical component dengan model pengukuran refelektif-reflektif yang terdiri dari enam belas konstruk lower-order (entertainment, informative, interactive, tangible, reliable, responsiveness, assurance, emphaty, brand experience, brand affective, brand trust, pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi altematif, keputusan pembelian dan perilaku pembelian) dan empat konstruk higher-order (social media marketing, service quality, persepsi merek dan keputusan pembelian). Analisis data dalam penelitian menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa faktor social media marketing dan kualitas pe1ayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi merek. Selain itu, faktor social media marketing dan persepsi merek ditemukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, namun hasil yang berbeda ditunjukan oleh faktor kualitas pelayanan yang berpengaruh positif namun tidak signifikan. Peran mediasi dari persepsi merek ditemukan memiliki pengaruh mediasi parsial pada hubungan antara social media marketing terhadap keputusan pembelian sementara pada hubungan kualitas pe1ayanan ditemukan memediasi secara penuh.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana > MANAJEMEN S2 > Pemasaran |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen (S2) |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UNPAK |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 02:50 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 02:50 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4587 |
Actions (login required)
View Item |