PERUBAHAN MANAJEMEN REDAKSI HAI DARI FORMAT MEDIA CETAK KE DALAM JARINGAN

YATNA, TSAR SYAHPUTRA and Nugraha, Yogaprasta Adi and Kusumaningtias, Intan Tri (2018) PERUBAHAN MANAJEMEN REDAKSI HAI DARI FORMAT MEDIA CETAK KE DALAM JARINGAN. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
CamScanner 09-03-2022 14.22.pdf

Download (882kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dan tahap pelaksanaan redaksi Hai setelah berubah format dari majalah ke dalam jaringan. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan melalui tiga teknik, yaitu melakukan wawancara langsung dengan key informan. Kedua yaitu teknik observasi yang dilaksanakan di Kompas Gramedia Grid Network yang bertujuan untuk mengamati secara langsung apa masalah dan fenomena yang terjadi pada objek yang diteliti. Ketiga yaitu tahap riset kepustakaan melalui dokumentasi berupa arsip perusahaan, website dan majalah edisi terakhir Hat Sedangkan untuk menguji keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber data yaitu dengan wawancara Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan format dari majalah ke dalam jaringan merupakan cara Hai beradaptasi dengan perkembangan zaman. Pada tahap perencanaan dan pengontrolan tidak banyak berubah sedangkan pada tahap pengorganisasian dan pelaksanaan terjadi perubahan yang besar. Mulai dari nama media, visi, misi, dan segmentasi pasar tetap sama sedangkan motto dan rubrikasi berubah-ubah meresponperkembangan zaman. Cara Hai mengukur prestasi dan mengevaluasi hasil kerja masih sama yakni dari hasil tulisan yang dilakukan mingguan, bulanan dan tahunan. Sedangkan pada tahap pengorganisasian, terjadi pemangkasan karyawan. Hal tersebut dilakukan karena tahap pelaksanaan yang lebih sederhana maka Hai Online tidak membutuhkan karyawan sebanyak Hai Magazine. Proses peliputan Hai Online pada artikel harian lebih banyak menggunakan teknik riset kepustakaan. Teknik observasi dan wawancara hanya digunakan pada artikel mingguan dan bulanan. Hal itu berbeda dengan Hai Magazine yang menggunakan tiga teknik tersebut dalam semua tulisannya. Dari segi penulisan Hai merupakan media yang khas dengan bahasa gaul. Penulisan Hai Online mulai dari judul, paragraph pembuka dan badan artikel lebih singkat dan to the point berbeda dengan Hai Magazine penuh kata kiasan dan bahasa sastra. Hal tersebut berubah dengan maksud agar mudah dicari di internet dengan kata kunci yang to the point. Tahap penyuntingan pada Hai Online lebih sederhana bahkan kadang dilakukan setelah di unggah. Hal tersebut berbeda dengan Hai Magazine yang melakukan tahap penyuntingan teliti dan berulang-ulang. Hal tersebut berubah karena fasilitas website memungkinkan untuk melakukan penyuntingan setelah artikel di unggah. Semua perubahan tersebut bertujuan agar Hai selalu menjadi sahabat remaja laki-laki dengan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Kata kunci : hai magazine, hai online, jurnalistik, manajemen redaksi,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya > ILMU KOMUNIKASI > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya > Ilmu Komunikasi
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA UNPAK
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:52
Last Modified: 05 Sep 2022 02:52
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4621

Actions (login required)

View Item View Item