Perlindungan Karya Cipta Lagu Dan/Atau Musik Yang Dinyanyikan Ulang (Cover Song) Di Jejaring Media Sosial Dikaitkan Dengan Hak Ekonomi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta

Supriyatna, Didik and Suparta, I Wayan and H. Insani, Isep (2021) Perlindungan Karya Cipta Lagu Dan/Atau Musik Yang Dinyanyikan Ulang (Cover Song) Di Jejaring Media Sosial Dikaitkan Dengan Hak Ekonomi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (469kB)

Abstract

Meluasnya penggunaan teknologi internet saat ini membawa keuntungan juga membawa kerugian terutama dalam bidang hak cipta. Karya cipta lagu dan/atau musik merupakan salah satu konten yang paling dicam jejaring media sosial, menariknya yang dicari tidak selalu ciptaan sang m3 yang membawakan lagu tersebut, masyarakat juga tertarik untuk mencan alternatif dari lagu yang populer, yang biasa disebut dengan cover song, hak cipta merupakan hak eksklusif yang apabila pelaku cover song yang ingin mengkomersialisasikan atau mencari keuntungan melalui lagu yang memik hak cipta, harus mendapatkan izin atau lisensi melalui pemegang hak cipta agar tidak melanggar hak cipta. Bagaimana penggunaan karya cipta lagu dan/musik yang dinyanyikan ulang (cover song) dijejaring media sosial dikatkan dengan hak ekonomi berdasarkan UUHC. Bagaimana perlindungan hukum terhadap pencipta atas karya cipta lagu dan/atau musik yang dinyanyikan ulang (cover song) dijejaring media sosial dikaitkan dengan hak ekonomi berdasarkan UUHC. Bagaimanakah penyelesaian sengketa atas pelanggaran hak cipta lagu yang di cover song. Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian normatif yang didukung didukung dengan pendekatan sosiologis yang bersifat penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif analitis. guna memperoleh gambaran peraturan perundang-undangan yang berlaku dikaitkan dengan teori-teori hukum dan praktek pelaksanaan hukum positif serta implementasinya dalam praktek. Penggunaan karya cipta lagu dan/atau musik yang dinyanyikan ulang (cover song) di jejaring media sosial bukan pelanggaran hak moral bila dilakukan bukan untuk kepentingan komersial dan tidak dilakukan perubahan pada ciptaan menurut ketentuan Pasal 8 UUHC, namun merupakan perbuatan yang melanggar hak ekonomi jika dimanfaatkan untuk kegiatan komersial dengan tanpa izin dari Pencipta atau Pemegang Hak Cipta sebagaimana menurut ketentuan Pasal 9 UUHC. Perlindungan hukum dapat dilakukan melalui tindakan hukum yaitu melalui arbitrase atau melalui gugatan perdata yang diajukan ke Pengadilan Niaga dan tuntutan pidana diajukan ke pengadilan negeri, juga melalui tindakan lain melalui fitur yang disediakan situs jejaring media sosial seperti YouTube Content ID dan identifikasi konten pada Soundcloud agar konten yang melanggar hak cipta dapat ditutup. para pengguna cover song, atau musisi cover harus memperhatikan hak moral dan ekonomi dari pencipta. lembaga-lembaga pemerinta khususnya bidang hak cipta dapat memberikan kemudahan dalam akses proses perizinan cover song kepada pemilik hak cipta,agar tidak terlalu banyak pelangaran terkait hak cipta lagu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Hukum > Hukum Perdata > Hak Cipta (Copyright)
Fakultas Hukum > Umum > Cover Song
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNPAK
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:47
Last Modified: 12 Oct 2022 01:47
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4672

Actions (login required)

View Item View Item