Hubungan Kualitas Produk GSM XL Dengan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor).

Amalia, Rahma and Zaini, Oktori Kiswati and Farradia, Yuary (2018) Hubungan Kualitas Produk GSM XL Dengan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
Skripsi (Rahma Amalia 021113182).pdf

Download (5MB)

Abstract

RAHMA AMALIA, NPM 021113182, Manajemen S1, Manajemen Pemasaran, Hubungan Kualitas Produk GSM XL Dengan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor). Dibawah bimbingan Ibu OKTORI KISWATI ZAINI dan Ibu YUARI FARRADIA, Tahun 2018. Berbagai perusahaan dalam bidang telekomunikasi berlomba-lomba mengeluarkan produk GSM dalam bentuk sim card yang dilengkapi dengan berbagai features dan tawaran menarik lainnya guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan alat bantu tambahan bidang telekomunikasi, sehingga saat ini dapat dilihat berbagai jenis produk GSM dari berbagai merek bermunculan. Dimana jika produk berkinerja sesuai dengan harapan maka konsumen/pelanggan akan merasa puas. Pada dasarnya tujuan dari kegiatan pemasaran dari perusahaan adalah memenuhi kebutuhan konsumen sehingga konsumen/pelanggan merasa puas akan produk yang dihasilkan. Maka dari itu kualitas produk yang sesuai dengan harapan konsumen akan mendatangkan kepuasan bagi konsumen itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas produk pada PT. XL Axiata Tbk. dengan produk GSM XL, bagaimana kepuasan pelanggan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor, dan apakah terdapat hubungan antara kualitas produk GSM XL dan kepuasan pelanggan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang merupakan data primer dan data sekunder dimana metode pengumpulan data menggunakan metode survei dengan teknik penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 350 responden dimana responden merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. Metode penarikan sampel menggunakan penarikan sampel tidak berpeluang (non-probability sampling). Metode analisis yang di gunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefesien korelasi rank spearman, analisis koefesien penentu (coeffecient of determination), dan uji signifikansi koefesien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk pada PT. XL Axiata Tbk. dengan produk GSM XL cukup baik, kepuasan pelanggan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor cukup puas. Adanya hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan dan koefesien korelasinya sebesar rs= 0,971. Kualitas produk berkontribusi sebesar 94,28% dan sisanya sebesar 5,72% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang dapat diberikan adalah PT. XL Axiata Tbk. sebaiknya mempertahankan dan meningkatan kualitas produknya dari segi Kinerja, Keistimewaan tambahan, Keandalan, Kesesuaian dengan spesifikasi, DayaTahan, Kemampuan layanan, Estetika, dan Kualitas yang dipersepsikannyaharus dipertahankan bahkan ditingkatkan dan sebaiknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain di luar kualitas produk dengan menggunakan metode survei dan penyebaran pertanyaan dalam bentuk kuesioner, agar tidak terlalu banyak muncul keluhan pelanggan. Sehingga kinerja dan harapan sesuai dan konsumen merasa puas, serta lebih teliti dalam memilih strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan kualitas produk tersebut sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:03
Last Modified: 12 Sep 2022 03:03
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4751

Actions (login required)

View Item View Item