Arifin, Muhammad Agustyar and Hartini, Sri and Ramdani, Sri Hidajati (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BPR Dana Mandiri Bogor,. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.
Text
(Skripsi Full).pdf Download (3MB) |
Abstract
MUHAMMAD AGUSTYAR ARIFIN, 021113396. Ekonomi Manajemen. Manajemen Pemasaran. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BPR Dana Mandiri Bogor, Dibawah Bimbingan : SRI HARTINI dan SRI HIDAJATI RAMDANI. Tahun 2017. Bank BPR Dana Mandiri Bogor adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perbankan. Dalam menjalanankan usahanya, perusahaan dituntut untuk berlomba-lomba dalam menarik nasabah untuk melakukan transaksi di perusahaannya. Bank BPR Dana Mandiri Bogor dikatakan berhasil dalam hal memenuhi kepuasan nasabah jika perusahaan mampu menanggapi apa yang diinginkan nasabah dan jika hasil pemenuhan keinginan tersebut berubah menjadi kepuasan tersendiri bagi nasabah. Untuk itu, pihak Bank BPR Dana Mandiri Bogor harus meningkatkan kepuasan para nasabahnya dengan memperbaiki kualitas pelayanan yang meliputi Reliability, Assurance, Responsiveness, Empathy, dan Tangibles. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank BPR Dana Mandiri Bogor. Penelitian mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank BPR Dana Mandiri Bogor, dengan menggunakan data primer dari 330 responden, jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin, metode penarikan sampel yaitu purposive sampling, metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik regresi linier berganda, uji hipotesis koefisien regresi yang dilengkapi menggunakan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian mendapatkan hasil bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank BPR Dana Mandiri Bogor memiliki penilaian untuk kualitas pelayanan sangat baik dengan nilai total tanggapan responden yaitu 91,90% dan untuk kepuasan nasabahnya memiliki penilaian sangat puas dengan nilai total tanggapan responden yaitu 83,76%. Untuk uji statistik maka didapatkan persamaan regresi : Y = 65,572 + 0,086K + 0,217DT + 0,083 J - 0,055 E – 0,012 BF + e. Hanya empati dan bukti fisik yang tidak dapat untuk menaikan kepuasan nasabah. Terakhir uji hipotesis koefisien regresi didapatkan hasil thitung > ttabel atau 14,381 > 1,645 sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh nyata dan positif terhadap kepuasan nasabah. Kata kunci: Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 03:06 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 03:06 |
URI: | http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4760 |
Actions (login required)
View Item |