Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Mang Kabayan Sentul City

Mardiansah, Ripaldi and Zaini, Oktori Kiswati and Farradia, Yuary (2018) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Mang Kabayan Sentul City. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
SKRIPSI RIPALDI MARDIANSAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

RIPALDI MARDIANSAH, 021114024. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Mang Kabayan Sentul City. Dibawah bimbingan OKTORI KISWATI ZAINI dan YUARY FARRADIA, Tahun 2018. Persaingan yang ketat menimbulkan fluktuasi penjualan pada Rumah Makan Mang Kabayan Sentul City. Adapun faktor yang menimbulkan penurunan itu terjadi adalah terdapatnya keluhankeluhan yang konsumen tuangkan terhadap kualitas produk, sehingga menggambarkan bahwa kualitas produk pada Rumah Makan Mang Kabayan Sentul City belum cukup baik untuk meningkatkan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui bagaimana kualitas produk pada Rumah Makan Mang Kabayan Sentul City. 2. Untuk mengetahui bagaimana keputusan pembelian pada Rumah Makan Mang Kabayan Sentul City. 3. Untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara kualitas produk dengan indikator Kinerja, Ciri-ciri, Keandalan, Kesesuaian Dengan Spesifikasi, Daya Tahan, Serviceability, Estetika dan Kualitas Yang Dipersepsikan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif exploratif dengan metode studi kasus dengan teknik kualitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji parsial dengan menggunakan komputer dalam program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk pada Rumah Makan Mang Kabayan Sentul City dalam keadaan sangat baik menurut para responden. Keputusan pembelian pada Rumah Makan Mang Kabayan Sentul City sangat setuju bahwa Rumah Makan Mang Kabayan Sentul City menjadi pilihan pertama bagi para responden. Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian menghasilkan persamaan regresi Y = 0,202 + 0,212X1 + 0,067X2 + 0,015X3 + 0,018X4 + 0,010X5 + 0,158X6 + 0,090X7 + 0,104X8. Kualitas produk dengan indikator kinerja, ciri-ciri, keandalan, kesesuaian dengan spesifikasi, daya tahan, serviceability, estetika dan kualitas yang dipersepsikan jika ditingkatkan akan memberikan peningkatan positif terhadap keputusan pembelian dengan asumsi variabel lain dalam keadaan konstan. Hasil korelasi memiliki hubungan yang kuat positif. Artinya jika kualitas produk ditingkatkan akan meningkatkan keputusan pembelian. Nilai koefisiens determinasi R2=0,624, yang artinya keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh kualitas produk sebesar 62,4% sedangkan sisanya sebesar 37,6% dipengaruh oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun uji parsial dimana hanya indikator kinerja dan serviceability yang terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan indikator ciri-ciri, keandalan, kesesuaian dengan spesifikasi, daya tahan, estetika dan kualitas yang dipersepsikan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Saran sebaiknya Rumah Makan Mang Kabayan Sentul City meningkatkan indikator kinerja dan serviceability dalam kualitas produk karena memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dan mengabaikan indikator ciri-ciri, keandalan, kesesuaian dengan spesifikasi, daya tahan, estetika dan kualitas yang dipersepsikan karena tidak memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen pemasaran
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:35
Last Modified: 12 Sep 2022 06:35
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4827

Actions (login required)

View Item View Item