Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan pada Bengkel Honda PT. Sanprima Sentosa (AHASS 15967)

Pratiwi, Surya Martha Dewi and Rully, Tutus and Taurusyanti, Dewi (2018) Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan pada Bengkel Honda PT. Sanprima Sentosa (AHASS 15967). Skripsi thesis, Universitas Pakuan.

[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

SURYA MARTHA DEWI PRATIWI, Ekonomi Manajemen, Manajemen Operasi, Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan pada Bengkel Honda PT. Sanprima Sentosa (AHASS 15967), dibawah bimbingan Ibu TUTUS RULLY dan Ibu DEWI TAURUSYANTI, Tahun 2018. Antrian adalah suatu garis tunggu pelanggan yang menunggu untuk mendapat pelayanan dengan fasilitas yang dimiliki oleh penyedia jasa. Antrian terjadi karena kebutuhan akan layanan melebihi kapasitas fasilitas pelayanan yang dimiliki penyedia jasa. Situasi ini juga terjadi pada kegiatan antrian di Bengkel Honda PT. Sanprima Sentosa (AHASS 15967). Pada bengkel ini sering terjadi antrian pada prooses perbaikan dan perawatan sepeda motor terutama pada hari Senin dan Sabtu. Bengkel ini memiliki 7 fasilitas layanan (pit) dengan 10 mekanik (3 asisten mekanik). Sistem antrian yang diterapkan pada bengkel ini adalah mode jalur berganda (Multi Channel Single Phase). Standar waktu yang ditetapkan pihak bengkel adalah 30 menit, namun pada kenyataannya waktu pelayanan belum mencapai waktu standar sehingga membuat pelanggan menunggu terlalu lama. Peneitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai sistem antrian ada di Bengkel Honda PT. Sanprima Sentosa (AHASS 15967) dan menganalisis sistem antirian dalam meningkatkan efisiensi pelayanan pada Bengkel Honda PT. Sanprima Sentosa (AHASS 15967). Analisis sistem antrian dilakukan dengan metode multi channel single phase dan perhitungan Biaya Antrian (Trade Off). Penelitian sistem antrian dalam meningkatkan efisiensi pelayanan dilakukan di Bengkel Honda PT. Sanprima Sentosa (AHASS 15967) yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman No. 52 Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer yang berupa hasil observasi dan wawancara serta data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan. Hasil analisis perhitungan sistem antrian dan perhitungan biaya antrian menunjukan bahwa keputusan pihak bengkel menyediakan jumlah pelayanan 7 pit sudah tepat. Meskipun waktu pelayanan belum mencapai waktu standar , namun total biaya terendah adalah pada jumlah pelayanan 7 pit. Hal ini menunjukkan panjangnya suatu antrian tidak terlalu berpengaruh terhadap efisiensi pelayanan karna dilihat dari segi biaya yang dikeluarkan oleh pihak bengkel. Dari hasil penelitian ini diharapkan pihak bengkel untuk melakukan evaluasi stadar waktu pelayanan serta memberikan pelatihan tambahan kepada mekanik untuk meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat, sehingga dapat mengurangi waktu tunggu pelanggan. Kata Kunci: Antrian, Sistem Antrian, Efisiensi, Pelayanan, Multi Channel Single Phase.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen > Manajemen operasi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNPAK
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:49
Last Modified: 12 Sep 2022 07:49
URI: http://eprints.unpak.ac.id/id/eprint/4899

Actions (login required)

View Item View Item